Thursday, March 24, 2011

si Badut

Gw dari kecil kan 'ngenger' (ikut tinggal dibesarin) sama Eyang Kakung-Puteri, jadi pengalaman yang gw inget yaa semua yang berkaitan dengan beliau berdua dan tentang Ndalem Martanan milik beliau berdua.....

Kali ini, tiba-tiba gw keinget ama suatu cerita gara-gara tadi pagi gw nguras tempat ikan piaraan gw, si Milo....
Gw jadi inget ama hewan-hewan yang pernah dipelihara ama Eyang dulu....

Inget banget, dulu waktu kecil, awalnya, Eyang Kakung kan punya ternak kambing banyak banget tuh di rumah. Hampir seratusan kali yaa.... Tiap hari ada rewang laki yang bertugas 'angon' (istilah untuk gembala kambing cari makan) dan 'ngguyang' (mandiin) tuh kambing. Dulu, gw ama Mas Warih suka tuh diajakin ke lapangan atau ke waduk buat ikut angon. Kambing punya Eyang ini gak kayak kambing sekarang yang bulunya cokelat-cokelat dekil gitu. Beeh! Jangan salah....kambingnya bulunya bersih-bersih, putih, gemuk-gemuk lagi, kalo orang Jawa bilang, jenis kambing bandhot, yang ada tanduknya agak gede itu. Tiap hari kan dimandiin tuh ama rewangnya eyang, sebut saja Kang Man.
Dari 100an kambing itu ada seekor kambing yang dikasih nama khusus Badut. Si Badut ini kambing paling cuek bebek sedunia kambing di rumah! Udah badannya gede banget, bulunya lebat, tanduknya gede pula. Badut ini punya ciri khusus, seluruh bulunya putih bersih, kecuali di bagian mata, dua-duanya berlingkar bulu hitam. So, bisa dibayangin kan horor abis tuh kambing! Hehehehe.....:p
Dia kambing paling galak di rumah. Dia suka ngambek juga....pokoknya, kalo dia gak suka sama siapa gitu, pasti tuh orang diseruduk sampe jatoh kejungkel-jungkel *what is kejungkel-jungkel? :D*. Orang kalo ada anak yang main di kandang trus ngece-ngece (ngegodain) "Badut, Badut...Badut....eleeekk!"  (gara-gara mukanya yang aneh itu, makanya dia dinamai Badut). Woooo! Kambuh deh tuh uring-uringannya si kambing ini! Bisa loh tuh kambing serius nubruk kayu pembatas kandang sampe mo ngejar yang ngece tadi......Dia kambing paling heboh dah di rumah! Dia cuman bisa luluh kalo udah sama Eyang Kakung. Kalo sama Eyang, cukup dipanggil "Baduuutt....Baduuutttt", udah deh....luluh, ndeketin Eyang minta dielus-elus kepalanya. Sama Eyang Puteri aja masih suka nyeruduk loh kalo dikasih makan........Pelajaran utama kalo ngehadepin si Badut, kata Eyang, adalah: JANGAN PERNAH SEKALI-KALI DISABET/DICAMBUK/DIPUKUL PAKAI RANTING!

Termasuk, kalo dia lagi ngambek ama Kang Man, hahaha.... Pernah suatu kejadian lucu, semua kambing habis dimandiin di waduk, sorenya digiring pulang noh ama Kang Man. Nah, si Badut ini mungkin lagi seneng mandi ato gimana gitu yaa, dia ogah pulang. Sementara kawanan kambing yang laen udah jalan duluan menuju rumah. Si Badut masih aja mogok di waduk (mungkin, dalam hatinya dia gini: Gw lagi enak-enak liat pemandangan sore nih coy!). Udah dipanggil berkali-kali "Bodat-Badut" sampe bibirnya dower, eh si kambing masih aja enak-enakan di tempatnya. Hingga akhirnya Kang Man gak sabar, ngeluarin cambuknya....and......

*BEEETTT!*

Kena deh tuh cambuk ke kulit lebat si Badut.... Seketika, Badut jadi emosi tinggi, dan diseruduknya tuh bokong Kang Man sampai jatoh-jatoh ke sawah. Gak cukup dijatohin ke sawah, Badut masih aja terus berusaha ngejar Kang Man. Kang Man lari kepontang-panting. Udah gitu, gak berenti juga....percaya gak, malah Badut yang 'nggiring' Kang Man sampai rumah.....hahahahaha :D
Kang Man dikejar-kejar sampai rumah. Akhirnya di rumah, Eyang ndangu (nanya) sama Kang Man: "Iki mau Badhut kok apakne nganti nesu nubruk kowe ki? Opo kok sabet?", awalnya Kang Man takut-takut gitu, akhirnya dia ngaku deh....iya, tadi udah nyabet si Badut.


Akhirnya, semingguan ada tuh, si Badut masih aja ngambek sama Kang Man, setiap Kang Man ndeketin, pasti langsung bersiap nyeruduk (mana tanduknya gede lagi tuh kambing...>,<). Saking takutnya, setiap ngasih makan, mandiin, dan nyukur bulu, hanya Eyang Kakunglah yang bisa mengatasi.....hihihi.....

Hihihi, dasar kambing....ada-ada aja, tau juga ama yang melihara. Ternyata juga ngerti 'bahasa' kasih sayang.... :)

Pesan juga buat kita semua, kalo sama hewan peiharaan kalian harus punya jiwa berperikehewanan sosial dikittt laaahh.... jangan maen sabet aja.....Bisa juga tuh hewan, ajak berinteraksi, sambil ngoceh-ngoceh kayak orang gila sendiri gitu gak papa, asal si hewan senang dan berasa nyaman dipelihara ama kita.....hehe :p