Thursday, March 17, 2011

Sixth Sense, Kelebihan, Kekurangan, Misteri, Mistik, or Whatever Lah It Called! Buat Gw, Itu Semua Milik ALLOH! Datangnya Juga dari ALLOH! Jangan Juga Diaminin Gitu Aja, Gak Usah Disangkal, Gak Perlu Didebatkan! Cukup!

Sebelumnya, mungkin ada yang tahu mengenai tafsir mimpi menurut Islam? Gw sih gak gitu ngerti banget yaa secara dalam Islam ngebahas mimpi itu kek apa. Karena kadang ada orang yang percaya dan ada juga yang gak percaya mengenai mimpi dan visi. Kalo bagi gw sendiri sih, setahu gw dari ustad gw yang nerangin gini nih: mimpi itu ada tiga macam: mimpi yang datangnya dari Alloh (ex: kayak kita mimpi ngeliat wajah Nabi Mohammad SAW, dalam Al Qur'an dikatakan, kalo syaitan gak akan mungkin bisa menyerupai wajah beliau); then, mimpi yang datangnya dari syeitan (misalnya nih lo mimpi dikejar-kejar orang gila sampai lari ngos-ngosan tapi gak juga bisa lari); and last, mimpi yang datangnya emang dari bunga tidur (ex: misalnya kita sebelum tidur mikirin sesuatu, ntar tiba-tiba kebawa mpe mimpi. Intinya yang ini sih bisa datang kalo kita dalam keadaan capek dan sedang banyak pikiran, trus ketiduran, biasanya akan muncul di mimpi kita).

Ok, berawal dari sini.....
Gw gak tau yah guys, semua mungkin pernah laah ngalamin mimpi gitu, cuman entah apa yang gw alamin ini sama kayak yang semua orang alamin atau gak di mimpinya. Gw cuman tau, bahwa sejak kecil, gw sering banget dikasih visi melalui mimpi gw ato bahkan diliatin secara nyata. Kayak semalem gw juga habis dikasih visi aneh lagi lewat mimpi. Ada beberapa hal yang kadang gw impikan terjadi sungguhan di luar nalar, kadang juga semacam antara di dunia sadar ato gak sadar gitu, kadang juga ada rahasia-rahasia orang lain yang tiba-tiba aja kek BLUK! Dikasih liat ke gw lewat mimpi itu secara gamblang banget (and setelah gw cross check face to face ke yang bersangkutan, emang bener....kadang tu orang heran, padahal dia ngerasa gak pernah cerita ke gw mengenai rahasianya itu). Ntah deh....gw kadang juga rada-rada ngeri sih ditunjukin sesuatu yang sebenarnya menurut gw sendiri, gw ogah ngeliat hal-hal macam gituan.... Namun, gak jarang  juga tuh gw bener-bener diliatin nyata wujud aneh gitu di depan gw. Ini bener-bener sadar 100%, karena gw juga gak mungkin lagi dalam kondisi mabok bir kan?, hehehe :p *birlyuneerr kalee :D*

But, trust me.....kalo lo ngalamin sendiri, gw yakin lo sendiri juga pasti bakalan gak enak sendiri lama-lama ngerasainnya. Karena kadang lo dikasih liat sesuatu yang gak pengen lo liat sebenernya. Yaah, mungkin ada juga orang yang gak percaya nih ada wujud syaitan, hantu ato apalah itu yang sering nampakin manusia. Tapi gw sendiri juga percaya gak percaya sih ama tu yang nampakin apaan. Kadang juga gw mikir, misalnya nih, gw diliatin sosok eyang gw yang udah gak ada tiga tahun lalu. Masa iya sih tiba-tiba bangunin gw buat sholat ashar ato sholat subuh gitu, dan bener-bener wujud eyang gw itu.....Gak nalar banget kan? Katanya kalo orang udah mati tuh jasadnya ikut terurai kembali ke tanah, trus ruh'nya ada di alam lain yang nunggu sampai datangnya hari akhir ntar. Jadi kagak mungkin kan tiba-tiba ruh'nya bolos bentar dari alamnya sonoh gitu...(emangnya kuliah, hahaha...:D). Kalo gw ngobrol ama imam mesjid gw nih, beliau tipe orang yang gak suka gw ngebahas gitu-gituan, auk deh. Pasti gak pernah dijawab secara pasti, malah dia bilang kalo gw percaya ama gitu-gituan artinya iman gw masih lemah T___T.....  Padahal maksud gw kan, bukannya gw suka hal-hal mistik yaah, gw tu cuman pengen diterangin aja, Islam itu sebenernya memandang hal-hal kayak gitu seperti apa, itu aja kok! Trus kalo yang gw alamin ini dari kecil, gw mesti nyikapin secara Islam tuh gimana..... Masa’ malah gw dibilang imannya tipis lagi, HUH! Bete deeehh.... T,T

Tapi gw juga punya ustad, dia bilang itu kemungkinan adalah jin yang menyerupai (Nah....kalo ini sih bisa masuk di akal....gw kan butuh jawaban noh.....). Jin itu, dia bilang lagi, ada yang baik ada yang jahat, ada yang muslim ada yang gak beragama. Nah, kalo yang suka gangguin gak jelas gitu, itu sih jin yang jahat dan gak beragama. Kalo yang baik dan muslim, kadang juga sering muncul dengan hal yang baik-baik (contohnya: kayak menyerupai eyang trus ngebangunin buat sholat ashar itu....itu bisa jadi jin yang muslim, dia ngingetin untuk kebaikan, sholat). Tapi yang gw gak ngerti juga sih, secara ilmu metafisika, katanya.....makhluk-makhluk kayak gituan tu energinya lebih kecil dari manusia (ini kata salah seorang rekan yang mempelajari ilmu metafisika yah....gw cuman copy paste kata-kata dia aja nih, orang gw sendiri juga kagak ngarti sama sekali, cuman gw bisa ngerasain 'eksistensi' mereka itu di sekitar gw.....). Jadi, dia itu suka kadang-kadang 'nempel' ke manusia karena energinya manusia lebih besar. Katanya yang bisa ngeliat ini dari kacamata metafisis, mereka tuh kayak kilatan-kilatan yang bisa bergerak ringan dan cepat ke sana-ke sini gitu. Entah deh, gw sih ngeliatnya wujud yaa...bukan kilatan doang, jadi kagak ngarti juga sebenernya mereka itu berbentuk apa, apa warnanya, gimana aslinya, serem ato lucu, ato bahkan bikin kita 'girap-girap' kalo kata orang Jawa (karena takut, jijik, ngeri gitu campur satu...). Kata rekan gw lagi nih,.....,tu makhluk karena energinya kecil, makanya mereka butuh energi yang besar untuk bisa menyerupai wujud manusia. Nah, makanya, kata dia lagi, kalo yang bisa gw liat itu, pasti mereka muncul dengan perubahan wujudnya yang gak bisa sempurna, (misal nih yaa...dia muncul kayak cewek, ada rambut, ada badan...tapi kadang yang gw liat, mukanya kabur, ato ntar tangan ama kakinya juga gak keliatan (blur aja gitu); ato kadang misalnya yang gw liat dalam bentuk kepala nih....ya cuman keliatan dia item bulet tapi wajahnya juga absurd banget gitu.... ;pernah juga nih, gw liat anak kecil di deket kentongan besar milik eyang gw dulu, tuh anak jongkok lompat-lompat persis kayak kodok, tapi yang gw liat mukanya tuh aneh, mirip kurcaci di tipi-tipi, eh ato gambaran alien gitu kali yaa.... idungnya mancung banget tapi bengkok, trus matanya gede, mulutnya kecil, serba gak jelas gitu lah!). Itu tuh, kalo dari penjelasan rekan gw ini, katanya, itulah yang dia maksudkan dengan 'perubahan gak sempurna' tadi.... Makhluk itu pengen muncul ke muka manusia, sebenernya pengen ngasih liat ‘eksistensi’ mereka suatu ketika, yaa kayak kita pengen show of gitu deh....seolah-olah mereka mo bilang: “hei! Ini loh gw!” ,tapi karena transformasi energi dari alamnya sonoh ke alam kita itu gede, makanya gak beres bentuknya.... Apa yaa.....Intinya, gak bisa kayak manusia asli lah! *Halah! Mo ngomong gitu aja ribet bener ngejelasinnya, hehehehe :p*

Gw kagak tau juga, penjelasannya yang secara Islam bener tuh kek apa, tapi itulah yang sedikit gw pahamin dari penjelasan ustad gw dan beberapa rekan gw. Gw sebenernya gak suka yang bau-bau klenik gitu, bahkan kadang gw dibilang Miss.Mistis kalo sama sahabat-sahabat gw. Abisnya mereka gak bakalan 'ngeh' juga sekalipun gw cerita ampe berbusa-busa dan sumpah Wallohi kalo yang gw liat itu beneran...... Kadang juga ada orang yang nanggepin gw terlalu sensitif ama hal-hal kayak gitu. Makanya kalo gw 'diliatin' apapun, dimanapun (terutama tempat baru yang baru gw jamah, hampir bisa dipastikan tuh, gw sering diajak 'kenalan' T,T), gw jarang cerita ama orang. Gw pendem aja sendiri, walo kadang horor sendiri juga sih dirasainnya.....

Nyokap and keluarga sih awal-awalnya juga bilang, gw suka aneh-aneh lah, apa lah, kebanyakan ngehayal lah, kebanyakan ngelamun lah, kebanyakan nolis novel cinta lah *emang ada hubungannya? :D* ,ato sebelum tidur gak berdoa lah..... Tapi lama-lama mereka bisa memahami kondisi gw juga. Bahkan kalo gw sering diliatin orang-orang yang udah gak ada gitu, dengan segala kondisi mereka yang maaf nih--gak pernah 'bagus'-- ,malah keluarga nyaranin gw buat kirim doa buat mereka....biar segala dosa-dosanya semasa di dunia diampuni, diberi keringanan dari siksa kuburnya gitu. Ya habisnya mo gimana lagi, cuman itu emang yang bisa gw lakukan. Masak kalo misalnya nih, beneran kondisi mereka di alamnya sonoh sama kayak apa yang gw liat, gw bisa nolongin apa? Gak mungkin kan? Toh, kalopun gw bilang ke keluarga yang ditinggalkan, mereka juga bisa nolong apa? Cuman doa kan?
And, lama-lama gw sadar.....dan gw sangat-sangat percaya, kalo semua itu datangnya dari ALLOH semata. Hidup mati manusia, rizqi, jodoh dan segala jalannya, semua sudah punya ketetapan masing-masing. Gak akan tertukar ,gak akan terlambat, gak akan nyasar, gak akan salah alamat. Gw percaya, dan yang gw yakini bahwa manusia itu bukanlah satu-satunya makhluk ciptaanNYA. Jadi, ada hal yang di luar nalar kita, ya gw percayai itu. Bukankah ALLOH merajai semua yang gaib? Jadi untuk apa takut. Walopun gw juga ngerasa kadang kalo iman gw lagi gak beres gitu, gw ketakutan sendiri ama makhluk-makhluk gak jelas dan sesuatu yang jahat yang tidak nampak kayak yang sering dikasih liat ke gw. 

Tapi, gw selalu berusaha menguatkan diri dan menekankan ke diri gw sendiri untuk selalu percaya, bahwa ALLOH itu merajai semua yang gaib. Gak mungkin juga kan, gw bakal mati gara-gara ngeliat hantu. Ato hantu bisa ngebunuh gw, *yeee.....emang pilm-pilm horor Indonesia! :D* muskil banget deh! Hidup mati manusia, gw percaya Alloh yang berkuasa. Satu juga yang nguatin gw kalo gw ketakutan sendiri, bahwa manusia itu lebih tinggi derajadnya dari mereka. Karena gw pernah tu dulu, kayaknya 'secara paksa diusir' makhluk-makhluk gak jelas itu dari kamar gw sendiri bahkan. Entah, dulu kan kamar gw itu bangunan baru yang baru dibangun sama eyang buat gw tidur, mungkin mereka gak suka gitu kali gw nempatin tu kamar kali yah? Jadi hampir tiap malam, bayangin.....hampir tiap malam nih! Gw diliatin wujud yang bikin girap-girap dan gw terpaksa pindah tidur kalo udah takut. Padahal yaah, udah gw bacain doa, bacain surat pendek, baca ayat kursi tuh, sholat juga insyaAlloh gak bolong-bolong, sholat malem insya Alloh rajin juga; tapi masih aja sering digangguin. Malah, gw ngerasa nih, semakin gw kuat dan rajin puasa, ngaji, sholat malem, gw malah semakin sering diliatin. Finally, gw sering pindah ngungsi ke kamar tidur keluarga gw yang laen deh..... Namun, setelah gw sadar dari perkataan ustad gw, bahwa manusia itu makhluk yang mulia yang diciptakan Alloh lebih tinggi derajadnya daripada makhluk lain. Bahkan dulu aja ceritanya (ni sumbernya Al Qur'an yaa...) syaitan disuruh nyembah Nabi Adam A.S. aja gak mau tho, mereka kan sombong tuh, ngerasa dirinya terbuat dari api, sedang manusia dari tanah, jadi kagak mau. Udah gitu dilaknat sama Alloh. Jadiii.....kalo gw takut ama mereka, itu SALAH BESAR! Helloooohhh, siape eluuu! Udah gangguin manusia, seenaknya ngusir gw lagi. Jadi, suatu hari, gw pernah tu ya kayak orang gila, akhirnya gw ngomong tereak-tereak sendiri di kamar. "Gw gak takut ama lo! Denger ya, sama-sama makhluk Alloh kita, tapi gw lebih tinggi derajadnya dari lo! Kita juga punya alam sendiri-sendiri, gak usah saling ganggu! Lo hidup aja sono di alam lo sendiri. Gw juga hidup di alam gw sendiri. Gak usah gangguin gw. Ini kamar gw, jadi terserah gw mo tidur ato ngapain di sini. Kalo lo berani ganggu gw, gw juga gak segan bikin lo kebakar sendiri nanti!!! Kalo lo masih gangguin gw, gw yang akan ngusir lo nanti!!!!". Yaah,.....,secara kasarnya itu yang gw bilang ke mereka *hahaha...geblek! yang ada, tepatnya, gw marah-marah, tereak-tereak sendiri di kamar kayak orang sinting...:D*

Well, believe it or not, serius, semenjak itu yaa...makluk apaan yang sering gangguin gw itu udah gak pernah muncul lagi loh. Hahahaha.....gak tau deh. Kalo sampe sekarang, diliatin dalam wujud lain di kamar gw itu sih masih, tapi gw rasa itu yang sekedar 'lewat' aja mungkin yaa. Dunno lah!

Semakin ke sini, gw semakin sadar, kalo Alloh ngasih 'sesuatu' itu PASTI dengan banyak hikmah.....maksudnya tanpa merasa bahwa gw sombong, misal gini, gw bilang ke si A: ini loh semalem gw dikasih liat...awas ntar kalo lo pergi, lo bisa jatoh!; Ato gw bilang ke orang lagi: eh gw tau loh, lo dulu tu gini-gini-gini kaann?. Bukan semacam itu! Sempit banget kalo lo mikir kayak gitu tentang apa yang gw rasain! Gw gak mungkin juga kayak gitu.... emangnya mo jadi cenayang? Sok tahu apa yang bakalan terjadi dan udah kejadian di diri orang laen? Ntar jadinya malah gw takabur lagi!

Pokoknya, apapun yang dikasih Alloh ke gw, selalu gw syukurin, paling tidak bisa ngingetin diri gw sendiri lah, kalo manusia bukan satu-satunya makhluk ciptaan Alloh. Tapi yang harus kita percaya, Alloh berkuasa atas apa yang Ia miliki. termasuk yang gaib. Kalo toh sesuatu terjadi seperti yang gw liat dalam visi ato pengliatan gw, ya itulah kehendak Alloh, gak usah disangkal gak usah ditangguhkan datangnya. Cukup gw jadikan kesadaran dan keyakinan juga pemicu keimanan gw, bahwa kuasa Alloh itu melebihi akal pikiran yang tidak mampu kita jangkau. Apapun yang Dia kehendaki jadi, maka jadilah! Jadi gak usah takut!

InsyaAlloh, kalo lo punya pengalaman dan perasaan hampir sama kek gw dan apa yang gw alamin ini, ntah itu dianggap 'kelebihan' atau malah suatu 'kekurangan' sama orang laen, ato lo dianggep 'lebay' or 'mistis' lah, whatever! Gak usah sedih, gak usah takut! Lo bukan mutan kok! Lo kan masih sama manusianya juga kek mereka.... yang jelas, jadikan itu semua sebagai 'sesuatu' untuk mendekatkan diri kita lebih dekat dan lebih menghamba lagi kepadaNYA..... itu saja! Karena, kata ustad gw lagi nih, satu langkah kita mendekat sama Alloh, Alloh akan mendekat 1000 langkah ke kita. Gw gak tau ini dari surat apa ayat berapa, tapi pasti semua yang ngaku Islam pasti pernah dengar setidaknya: "Ingatlah Aku, maka Aku akan mengingatmu" :)


-Best Regard-

Bening Rahardjo,