Sunday, August 14, 2011

Independensi?

Ingin pergi. Namun, hatiku terpaku di sudut itu. Walau merasa tempatku bukan di situ. Tidak seharusnya berada di situ. 
Ingin pergi. Tidak semudah itu untuk pergi. Tetap tinggal pun, aku tak punya posisi tawar kuat. Tidak pula atas sesuatu yang pasti.
Aku mengatakan ini, sekali lagi kukatakan ini. Bahwa tidak kubenarkan sesuatu yang berpedoman pada ketiadaan pilihan. Hidup itu pilihan. Sesuatu yang muskil namun harus dilewati.

Tapi sekali lagi, aku tak punya posisi tawar kuat.
Tak cukup kuat, atau entah tidak mau menjadi kuat. Aku lemah. Mungkin.

Aku tak bisa beranjak dengan perasaan seperti ini. Tak mengerti. Tak tahu. Tak punya tanggungjawab atas kepastian.
Ternyata, benar seperti kata kakak-kakakku...
Aku masih menjadi gadis kecil mereka. Gadis kecil yang harus dibuntuti kemanapun ia pergi.

Dan aku katakan diriku independen? Wanita dewasa yang berindependensi? You're a girl not a woman! No offense!