Saturday, March 26, 2011

Cara Baru Usir Nyamuk T,T (by: Mas Mahmud)

Gw punya tetangga nih, sebut saja Mas Mahmud. Dia jualan pulsa dan kebetulan gw sering banget nangkring di kios pulsanya ampe berjam-jam. Yaah, selaen beli pulsa, kadang gw suka aja ngobrol gitu ama yang punya.

Ceritanya kali ini, gw abis beli pulsa. Sebelom beli pulsa, gw sempat mampir ke apotik untuk beli refill obat nyamuk elektrik yang letaknya jarak satu rumah dari rumah gw. Habis dari situ, gw langsung beli pulsa ke kios Mas Mahmud. Nah, ada yang lucu nih sewaktu gw di situ. Kebetulan lagi gak mood buat ngobrol, jadi seperlunya aja. Saat gw nulis angka nomor telepon gw, Mas Mahmud ngeliat benda (obat nyamuk refill elektrik) yang gw bawa. Trus dia langsung aja tuh nanya:
"Banyak nyamuk to di rumah?". 
Gw jawab aja:
"Iya, Mas,....,di kamarku, nggak banyak sih, cuman satu dua mungkin. Tapi suka risih ama suaranya tu hlo, kalo tidur suka ngang-nging-ngang-nging....ngilu didengerinnya di kuping, hiii....."

 Trus dengan polosnya tuh orang ngomong aja:
"Halah! Mbok yo pake headset wae kalau ndak mau denger suara nyamuknya.....ndadak beli obat nyamuk segala! Ha yo ming ngabis-abisin duitmu wae nek cuman satu dua nyamuk we!"

DOEENGGG! *Hehehe.....Seketika gw mikir.....ini siapaaaa yang geblek???*

Tapi, gw pikir-pikir, tuh orang emang gak salah ngomong sih....gw kan bilangnya 'ngilu dengerin suaranya'....
Jadi emang kagak salah cara Mas Mahmud ini T,T

Eh, kebetulan tuh pas mau pulang, gw kan lagi duduk nungguin dia sukses masukin pulsa ke nomor gw, ada nyamuk yang nemplok di lengan baju gw sebelah kanan. Gw mikir, kalo gerak, tuh nyamuk pasti kabur. Kalo gw pukul pake tangan kiri, tuh nyamuk pasti bisa lolos....Jadi gw berdiam agak lama, supaya tuh nyamuk berhasil nembus baju dan ngisap darah gw dulu, biar gampang dipukul nanti.
So, berhubung yang ada di depan gw Mas Mahmud, gw akhirnya minta tolong nih ama tuh orang.
"Mas, tolongin nih ada nyamuk di lenganku....."
Saat itu, kebetulan Mas Mahmud lagi sibuk ama layar HPnya.....dia sejurus ngeliat ke lenganku, trus dengan wajah sibuk masih terpaku di layar HPnya dan tanpa dosa, akhirnya...........
"HUSSS....!! HUSSS!!!"
(sambil tangan kiri megang HPnya, tangan kanan dipakai buat 'NGUSIR'  tuh nyamuk dari lengan gw TANPA NGELIAT ke arah gw pula!)

HAAAHHH????? *gw melongo!*
"Mas!! Kok diusir siiihhh nyamuknyaaaa????" protes gw
"Lah? kok jadi marah sih?"
"Bukan MARAH.....tapi KESEEELLL, kok malah diusir sih nyamuknyaaa?!"
"Begimana sih nih anak!....,ada nyamuk nemplok mau gigit, udah dibantuin ngusir, malah marah-marah sekarang....bilang makasih kek!"
WHAAATTT????

NGUSIRR??? kata dia.....*gw melongo lagi!*

Jadi itu, cara dia 'ngusir' nyamuk yang nemplok gigit di tubuh orang....okei,okei....T,T   
gw maklum sangat!

GONDOOOKKK BANGET!!! Gw pulang sambil marah-marah!
Sekali lagi, dalam hati gw:
ini sebenernya yang KETERLALUAN bego gw ato dia siiihhh.....hiks T,T



Thursday, March 24, 2011

si Badut

Gw dari kecil kan 'ngenger' (ikut tinggal dibesarin) sama Eyang Kakung-Puteri, jadi pengalaman yang gw inget yaa semua yang berkaitan dengan beliau berdua dan tentang Ndalem Martanan milik beliau berdua.....

Kali ini, tiba-tiba gw keinget ama suatu cerita gara-gara tadi pagi gw nguras tempat ikan piaraan gw, si Milo....
Gw jadi inget ama hewan-hewan yang pernah dipelihara ama Eyang dulu....

Inget banget, dulu waktu kecil, awalnya, Eyang Kakung kan punya ternak kambing banyak banget tuh di rumah. Hampir seratusan kali yaa.... Tiap hari ada rewang laki yang bertugas 'angon' (istilah untuk gembala kambing cari makan) dan 'ngguyang' (mandiin) tuh kambing. Dulu, gw ama Mas Warih suka tuh diajakin ke lapangan atau ke waduk buat ikut angon. Kambing punya Eyang ini gak kayak kambing sekarang yang bulunya cokelat-cokelat dekil gitu. Beeh! Jangan salah....kambingnya bulunya bersih-bersih, putih, gemuk-gemuk lagi, kalo orang Jawa bilang, jenis kambing bandhot, yang ada tanduknya agak gede itu. Tiap hari kan dimandiin tuh ama rewangnya eyang, sebut saja Kang Man.
Dari 100an kambing itu ada seekor kambing yang dikasih nama khusus Badut. Si Badut ini kambing paling cuek bebek sedunia kambing di rumah! Udah badannya gede banget, bulunya lebat, tanduknya gede pula. Badut ini punya ciri khusus, seluruh bulunya putih bersih, kecuali di bagian mata, dua-duanya berlingkar bulu hitam. So, bisa dibayangin kan horor abis tuh kambing! Hehehehe.....:p
Dia kambing paling galak di rumah. Dia suka ngambek juga....pokoknya, kalo dia gak suka sama siapa gitu, pasti tuh orang diseruduk sampe jatoh kejungkel-jungkel *what is kejungkel-jungkel? :D*. Orang kalo ada anak yang main di kandang trus ngece-ngece (ngegodain) "Badut, Badut...Badut....eleeekk!"  (gara-gara mukanya yang aneh itu, makanya dia dinamai Badut). Woooo! Kambuh deh tuh uring-uringannya si kambing ini! Bisa loh tuh kambing serius nubruk kayu pembatas kandang sampe mo ngejar yang ngece tadi......Dia kambing paling heboh dah di rumah! Dia cuman bisa luluh kalo udah sama Eyang Kakung. Kalo sama Eyang, cukup dipanggil "Baduuutt....Baduuutttt", udah deh....luluh, ndeketin Eyang minta dielus-elus kepalanya. Sama Eyang Puteri aja masih suka nyeruduk loh kalo dikasih makan........Pelajaran utama kalo ngehadepin si Badut, kata Eyang, adalah: JANGAN PERNAH SEKALI-KALI DISABET/DICAMBUK/DIPUKUL PAKAI RANTING!

Termasuk, kalo dia lagi ngambek ama Kang Man, hahaha.... Pernah suatu kejadian lucu, semua kambing habis dimandiin di waduk, sorenya digiring pulang noh ama Kang Man. Nah, si Badut ini mungkin lagi seneng mandi ato gimana gitu yaa, dia ogah pulang. Sementara kawanan kambing yang laen udah jalan duluan menuju rumah. Si Badut masih aja mogok di waduk (mungkin, dalam hatinya dia gini: Gw lagi enak-enak liat pemandangan sore nih coy!). Udah dipanggil berkali-kali "Bodat-Badut" sampe bibirnya dower, eh si kambing masih aja enak-enakan di tempatnya. Hingga akhirnya Kang Man gak sabar, ngeluarin cambuknya....and......

*BEEETTT!*

Kena deh tuh cambuk ke kulit lebat si Badut.... Seketika, Badut jadi emosi tinggi, dan diseruduknya tuh bokong Kang Man sampai jatoh-jatoh ke sawah. Gak cukup dijatohin ke sawah, Badut masih aja terus berusaha ngejar Kang Man. Kang Man lari kepontang-panting. Udah gitu, gak berenti juga....percaya gak, malah Badut yang 'nggiring' Kang Man sampai rumah.....hahahahaha :D
Kang Man dikejar-kejar sampai rumah. Akhirnya di rumah, Eyang ndangu (nanya) sama Kang Man: "Iki mau Badhut kok apakne nganti nesu nubruk kowe ki? Opo kok sabet?", awalnya Kang Man takut-takut gitu, akhirnya dia ngaku deh....iya, tadi udah nyabet si Badut.


Akhirnya, semingguan ada tuh, si Badut masih aja ngambek sama Kang Man, setiap Kang Man ndeketin, pasti langsung bersiap nyeruduk (mana tanduknya gede lagi tuh kambing...>,<). Saking takutnya, setiap ngasih makan, mandiin, dan nyukur bulu, hanya Eyang Kakunglah yang bisa mengatasi.....hihihi.....

Hihihi, dasar kambing....ada-ada aja, tau juga ama yang melihara. Ternyata juga ngerti 'bahasa' kasih sayang.... :)

Pesan juga buat kita semua, kalo sama hewan peiharaan kalian harus punya jiwa berperikehewanan sosial dikittt laaahh.... jangan maen sabet aja.....Bisa juga tuh hewan, ajak berinteraksi, sambil ngoceh-ngoceh kayak orang gila sendiri gitu gak papa, asal si hewan senang dan berasa nyaman dipelihara ama kita.....hehe :p




Wednesday, March 23, 2011

Bis Ugal-Ugalan = I called it Bis Setan :D

Postingan gw kali ini mengenai alat transportasi darat di Indonesia yang sudah sangat merakyat sekali....bis!

Yah...namanya bis atau yang dalam bahasa baku disebut bus, angkutan umum yang merakyat. Mulai dari kecil, sedang, gede; mulai buat pribadi, umum, pariwisata.....Bis terkadang sering terlibat dengan masalah 'kecelakaan di jalan raya'. Bisa memakan korban tewas, bisa juga korban luka ringan, bisa juga korban yang jadi cacat seumur hidup (naudzubillah...semoga kita selalu dalam lindungan Alloh, amin). Semua itu terjadi entah karena sopirnya ugal-ugalan, atau memang kendaraan lain yang tidak beres juga, atau mungkin bisa juga dikatakan sebuah 'takdir' terjadi seperti itu *ngeeek ngookkk T,T*

Pengalaman saya ini baru saja saya alami kemarin dengan adik saya, sebut namanya Hayu. Kami berdua melakukan perjalanan Solo-Jogja untuk bimbingan dosen ke kampus dan ada sedikit urusan bisnis kecil. Jadi kami putuskan untuk berkendara motor saja, karena kalau kami naik kereta, nanti ribet di sananya mau wira-wiri gimana. Jadilah kami motoran berboncengan berdua. Saat berangkatnya, Hayu yang di depan, karena saya sebulan lalu habis ditabrak orang 2x dalam semalam, jadi saya masih agak trauma sedikit di jalan propinsi itu, mana kaki saya masih njarem di bagian betis dan mata kaki ( :baca postingan saya 2x apes 2x ditabrak di lampu merah). Sudah, di jalan, kami juga gak ngebut banget, namanya juga cewek. Sampai di daerah  Kalasan, Prambanan, Jogja, tiba-tiba ada sebuah bis gede Sumber Kencono dari belakang yang mepet sekali sama kami ( baca: mepet--tepatnya hampir menyerempet, kurang beberapa centi). Padahal, kami sudah sangat minggir sekali di situ. Bis itu mau menyalip beberapa mobil-mobil kecil di sebelah lajur kanan, lalu dia dengan 'arogannya' mengintimidasi kendaraan kecil di lajur kiri. Sampai saya dan adik saya jantungan, tidak tau apa jadinya kami kalau sampai tiba-tiba Hayu kaget dan lepas setir, atau tidak lihai mengendalikan motor..........


Pulangnya, dari Jogja, sudah malam, ba'da maghrib kami sampai di daerah Pabrik Gula Gondang Klaten. Saya yang memegang kendali di depan, gantian, Hayu sudah capek. Ketika di sekitar lokasi itu, ada bis gede Mira menyalip dari sebelah lajur kanan. Saya sudah minggir, mewanti-wanti diri saya sendiri ( baca: minggir--lebih tepatnya mepet sekali ke pinggir!). Sudah itu di belakang bis Mira ada satu bis lagi, entah karena kondisi cuaca saat itu hujan gerimis besar, jadi saya tidak begitu jelas membaca, tapi bisnya berwarna kuning-hijau. Dua bis itu jalan biasa saja (artinya, yaa... jalannya bis normal di jalan propinsi gitu). Namun, tanpa kami duga, inilah yang jadi malapetaka bagi kami......sebuah bis besar lagi tiba-tiba mengklakson kami (tanpa pandang bulu dan rasa manusiawi dikit lah), kami dipepet sampai hampir masuk ke lubang di pinggir jalan. (baca: benar-benar DIPEPET!). Syock!!!!

Setelah saya baca tulisan belakang bis: Sumber Kencono!!! (LAGI-LAGI????!!!!!)
HAH! gimana saya dan adik saya gak marah2....ngedumel sepanjang jalan sambil ndremimil berdoa?? Dua kali, kami hampir jadi santapan lezat bis yang sama!

Kami lihat, si Sumber Kencono ini ingin nyalip Mira dan bis satu lagi yang ada di depan. Jadi, entah itu membahayakan pengendara motor, atau kendaraan laen, kayaknya dia gak peduli, ok bisa saya perjelas lagi GAK PEDULI! Seolah pengendara motor itu gak ada nyawanya mungkin, bagi mereka!
Dan gak cuma kami loh korbannya! Di depan kami pun, bis itu juga 'mengintimidasi' pengendara motor juga mobil lain; serta 'memonopoli' jalan. Rasanya melihat bis itu berusaha menyalip bis lain saingannya, serasa jantung mau copot. Bukan apa-apa, saya sih, terserah aja dia mau njungkel di sawah atau gimana (selama gak membahayakan penumpangnya); dan juga selama dia gak nyerempet orang aja!
Bener-bener seenaknya sendiri di jalanan, gak mempedulikan keselamatan kendaraan kecil seperti mobil, motor (apalagi sepeda onthel T,T).....Sebenernya sih, kadang saya baca tuh di belakang/ di samping, tulisan layanan pengaduan masyarakat, kalo gak salah gini bunyinya: Laporkan apabila kendaraan ini ngebut/ugal-ugalan di jalanan .Trus ada nomor teleponnya gitu. Tapi gak tau juga yaa, ini masih berfungsi atau enggak. Masalahnya, kalau udah di jalanan, itu yang susah dikendalikan. Yaa, mungkin orang bilang kadang teori ama praktek itu susah penerapannya, benar adanya.... :(




SO, hati-hatilah kalau ketemu bis itu di jalan Solo-Jogja/ Jogja-Solo. Lebih baik menyingkir! *saya udah mepet pinggiran aja masih hampir diserempet juga >,<*  
Lebih baik, biarin aja sono mereka lewat duluan, salip-salipan, kita pelan aja dulu. Gak usah terlalu mepet/deket ama mereka!
Karena, kalo udah salip-salipan kayak gitu, mereka suka bahkan kayaknya gak mempedulikan nyawa 'kecil' selain mereka yang juga sama-sama pengguna jalan. Ok. Then, berdoalah dan dzikir terus sepanjang perjalanan, biar diberi keselamatan..... :)
GAK SEMUA sopir bis Sumber Kencono kayak gitu sihhh, tapi kebanyakan emang kayak gitu juga kalo pas kebut-kebutan ugal-ugalan di jalan, jadi mungkin hati-hati aja buat yang lain.


Semoga, sopir-sopir ugal-ugalan itu disadarkan yaaa......kasihan lah pengendara kendaraan lain, jangan merasa karena besar lalu menguasai jalan seenaknya.....

Terpenting lagi, PATUHILAH UNDANG-UNDANG LALU LINTAS! 



(korban dua kali ditabrak penerobos lampu merah, dan korban jatoh ke lubang gara-gara hampir diserempet bis besar yang ugal-ugalan!)

Monday, March 21, 2011

Pagi ini, kembali kulihat ia.......

Pagi ini, saat jadwal ngeshift, kembali aku melihatnya.....
Dari kursi dan dari balik kaca hitam ruangan ini, aku dapat dengan jelas memperhatikan segala tingkahnya.

Dia memikul cobek itu dalam sebuah keranjang dari rotan, yang dipikul di depan dan di belakang. Ayunan langkahnya yang mulai rapuh, tetap bersatu dalam semangat. Peluh atau lelah, jelas bukan suatu halangan baginya untuk tetap melangkah. Keliling dari ujung mana entah sampai ke ujung mana. Sepasti, yang aku lihat dan aku hafal dari penglihatan mataku, dia melangkah dari ujung jalan yang sangat jauh itu; menuju pasar, menunggui pembeli di pojokan kios pinggir jalan; tawar-menawar dengan pembeli pun terkadang tidak seberapa harga dibanding perjuangan dan semangatnya; setelah siang hari, saat pasar mulai sepi, seperti hari ini--saat jam-jam segini--ia melangkah memutari kampung-kampung; memikul puluhan kilo tumpukan cobek di bahu kirinya. Jika lelah, ia akan memindahkan ke bahu kanannya. Terkadang, entah telah terisi nasi dan air atau belum seharian itu, tapi ia masih tetap semangat mengayun langkah. Hanya sesekali, ia berhenti di depan, berlindung dari teriknya mentari di bawah pohon kulbanda nan rindang. Sambil mengusap peluh di dahi dengan tangannya. Lima menit, ia kembali melangkah keliling kampung. Begitu setiap hari, setiap aku menyaksikannya.....

Dia orang yang terlalu kuat, untuk mudah ditaklukkan oleh nasibnya...... Dia orang yang terlalu sehat, untuk rajin meminum obat-obatan dari dokter spesialis--seperti yang aku lakukan setiap hari..... Dia orang yang terlalu bahagia, untuk mampu menangisi perjuangannya.....


Ternyata, pagi ini, aku masih mampu melihatnya,.....menyaksikannya dari sudut pandang kekaguman, ......kenanaran,......,dan segenap rasa malu pada diriku,......

Ingin sekali berteriak kepadanya "aku sungguh mengagumimu", andaikan ia seorang artis yang haus dipuja-puja, atau andaikan ia seorang pejabat yang haus akan hormat,.....

Akan tetapi, orang seperti dia-lah yang mengajariku akan arti sebuah kehidupan,.....,kekuatan,......, dan semangat baru,......

Bukan air mata yang ia ajarkan,.....,tentu bukan itu yang ia harapkan atas pandangan orang kepadanya,.....


Oalah, Mbah,.....,hari ini, aku kembali belajar darimu,......, mendapat ilmu penting yang tidak pernah aku temukan dari dosen-dosen maupun mata kuliah apapun,......
Aku kembali menatapmu dari kursi ini,
Di usiamu yang sekitar 80 tahunan, dengan kulit-kulit yang sudah usang mengeriput, dengan selembar baju tipis hitam yang selalu kau kenakan itu, dengan butiran-butiran peluh yang keluar dari tubuhmu, dengan sendal jepit hijau tipis yang selalu menemanimu itu,......

Kau masih sangat perkasa memikul enam hingga delapan cobek batu besar maupun kecil, yang berat berkilo-kilo itu......


Aku akan berucap dengan penuh kebanggaan:


Engkau salah satu dari GURU dalam kehidupanku,...Mbah...

Bukan mengenai ilmu matematika, bukan ilmu alam, bukan ilmu sosial pula...
tentu lebih dari itu....


Tetaplah sehat ya Mbah Kung,.....,siapun namamu--orang bilang, apalah arti sebuah nama,......mungkin itu yang pantas kau ucapkan pada orang-orang yang memandangmu dengan penuh hormat, seperti aku.....

Tetaplah tersenyum,......,karena dengan melihat senyummu dari balik kaca hitam ini, aku akan sangat merasa bahagia, melebihi senyummu,......dan aku akan merasa jauh lebih sehat dan semangat untuk menapaki pekerjaan dan kesibukanku,.....


Karena, andai Njenengan tahu Mbah,......aku ingin memelukmu, bukan karena rasa ibaku padamu Mbah,....

terlebih,


karena dengan memelukmu, aku bisa menguatkan diriku sendiri.........

seperti yang aku rasakan, ketika aku memeluk Albert, Anwar, Puji, dan adik-adik kecilku yang lain di SDLB  itu,......




Aku sungguh mencintaimu, Mbah......seperti aku mencintai mereka,.............








Sunday, March 20, 2011

Ciblon

Hai, selamat pagi semua,.....Selamat berhari minggu dengan keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi.
Hari ini adalah peringatan hari air sedunia. Yah, save the water!
Untuk anak cucu kita nantinya! :)


Mungkin, bagi sebagian orang, peringatan hari air sedunia adalah dengan tidak membuang-buang air contohnya. Namun, di sini, hari peringatan air sedunia ini, kami warnai dengan 'aksi perang air--ciblon--bersih-bersih' di rumah.

Bukan karena kami tidak menghargai air, tapi kami sangat sadar, betapa indahnya dan berharganya air dalam setiap aktivitas manusia.







Mengingat betapa pentingnya air bagi kita......yuk, hemat air! :)



Friday, March 18, 2011

Blusukan Jogja (Part 2).....

Hi! Gw dateng lagi....sekalian dapet jatah ngeshift pagi, sekalian gw mau ajak lo semua buat blusukan lagi, hehehe....
Masih seputar kota Jogja aja sih, lanjutan dari postingan sebelumnya yang to be continued.... Kenapa kota Jogja? Ya karena gw tinggal di Jogja, JELAS LAAHHH! :D, dan gw cukup menguasai kota ini dengan lumayan baik selama 4 tahun lebih (hampir lima tahun malah T,T). Sebenernya bukan itu aja yang bikin gw cinta banget sama Jogja sih, bukan karena gw kuliah di sana terus gw jadi ngerasa comfort banget. Ya itu salah salah satu dari sekian banyak reasons. Tapi ada juga kok kota yang membuat gw sangat-sangat cinta selain Jogja, is.....Bogor! Sejauh ini sih dari pengalaman gw ke luar pulau (baru ke Bali ama Sumatera sih) dan di dalam pulau sendiri, ya baru dua kota itu yang berhasil mencuri hati gw dengan segala pesona kotanya yang mempunyai kekhasan masing-masing.


Satu-satu aja yaa postingnya, pokoknya kali ini gw lanjutin dulu tentang Jogjaaaaa yang begitu awesome!

Yuk, blusukan! :)


Nah, guys....kemaren gw sempet sedikit nyinggung beberapa lokasi di seputar area kampus gw dan deket-deket kosan. Ini, ada lagi yang musti lo coba kulinernya,

kota Jogja tentunya sangat khas ama makanan yang satu ini, ya, gudeg! Penjual gudeg di Jogja udah menjamur dimana-mana, tapi ada yang menurut gw khas banget dari jaman baheula, karena dari gw SMP/SMA lah, sodara gw kalo dateng suka bawain nih gudeg, dan rasanya emang masih sama kek dulu....gimana yaa, okoknya di lidah tu udah khas banget deh! Ummm, mungkin buat lo yang dari luar Jawa (terutama yang masakan daerahnya taste banget ama rempah dan asin juga pedas), pasti gak cocok makan gudeg. Soalnya gw punya temen orang Padang dan orang Banyuwangi, mereka sama-sama suka pedas, cuman kalo Padang lebih suka santan-santan dan gurih kan, mereka bener-bener gak cocok makan gudeg. Katanya sih rasanya terlalu manis. Emang semua masakan Jawa (khususnya tengah) itu berasa manisnya. *jangan bilang karena orangnya manis-manis, hahahaha....yang ada BLETAK! dilemparin sepatu noh ama orang seindonesia raya merdeka! :D*

Jadi, kalo lo bertandang ke Jogja, jangan lupa mampir ke daerah Barek (baca: mBarek, biasa....pengucapan orang Jawa harus pake huruf M di depan huruf B untuk penyebutan nama suatu kota :p)
Daerah mBarek ini, adalah dulunya pusat gudeg yang asli *emang ada gudeg palsu? :D* ,maksudnya asli dari jaman awal-awal penjajahan Jepang and Kumpeni dulu (kalo ini, lo gak usah terlalu berat memikirkan keabsahannya yak, heheheh :p). Beberapa gudeg yang emang berasa taste banget dan sudah dapat reputasi juga awards yaitu Gudeg mBarek Yu Djum, dia beralamat di Jl. Kaliurang Km 4,5 Gg. Srikaton No. 2 Yogyakarta 55281 ato sebelah utara kampus Kehutanan UGM (ato juga orang kenal utara selokan mataram UGM). Dia juga buka cabang di Jl.Wijilan (selatan plengkung wijilan).


bentuk rumahnya juga masih orisinil nih yang pusatnya

Dia jualan paket-paket gitu, ada paket besek (bentuk kotak segede kardusan, dari anyaman bambu) juga paket kendil (wadah dari tanah liat untuk tempat nanak nasi jaman dulu, atau tempat makanan), harganya juga ada sendiri-sendiri. Walopun bentuk rumahnya masih dipertahanin rumah jaman dulu, orisinil, tapi yang dateng ke sini, beuh! Jangan salah....mobil-mobil halus juga banyak!



Habis jaman kejayaan gudeg itu muncullah gudeg-gudeg lain bertebaran di daerah mBarek ini, dia jadi pusatnya gudeg Jogja. Ada juga warung gudeg yang ada di lokasi lain, yang juga betebaran cabangnya di Jogja. Misalnya: gudeg Yu Sri, gudeg Yu Narni, gudeg Hj.Bu Ahmad, gudeg Pawon, gudeg Yu Yati, banyak deh....tinggal lidah lo aja cocok yang mana (rasa kan relatif ya di lidah masing-masing orang), kalo yang gw saranin sih ya itu tadi....


Kalo mo mau taste yang lebih seru lagi, bisa tuh Gudeg Pawon jadi pilihan juga,
Gudeg ini bukanya mulai dari jam 23.30 WIB sampe habisnya tu gudeg jam berapa, tapi kata penjualnya, biasa jam 1 lebih aja udah habis sih....
Alamatnya ni ada di jl. Janturan Umbulharjo (lo ke daerah sekitar Jl. Kusuma Negara, kalo dari timur/Gembiraloka, itu jalan sebelum Jl. Glagah Sari), kalo lo udah ngelewatin kampus UTY ama UAD, ntar lo bakal nemu rumah yang depannya banyak parkiran motor. Ya situ itu, ntar masuk dikit. Ato kalo masih ngerasa ragu, nanya aja orang-orang di situ pasti pada ngerti kok. 


Awal kuliah, gw pernah diajak keluarga kakak gw ke sini, mereka sempat tinggal di Amrik beberapa tahun, so, bagi mereka wajar-wajar aja makan jam segitu (dinner katanya) kalo gw sih udah keburu protes cacing-cacing di perut T,T. Jadi sebelum ke situ, jam 6 sore kita udah makan kue ama cemilan dulu buat cadangan awal biar maag gw gak kambuh. Habis isya' gw tidur, hampir mendekati jam 23.00 gw dibangunin ama kakak and diajak meluncur ke Janturan *yaa, mata masih merem melek gitu laah, nyawa belom stabil :D*
Sampe sana, orang dah pada antri aja tuh, ternyata emang laris manis bener. Dia dinamakan gudeg pawon karena emang jualannya di pawon (dapur jaman dulu orang Jawa bilang). Jadi lo bisa liat tungku asli, masak pake kayu bakar gitu di dandang atau kuali besar! Mantap deh pokoknya!



Note: Kalo lo mau nyoba makan di sini, jangan lupa nyamil apa kek terlebih dahulu, apalagi buat lo yang punya penyakit maag. Trus begitu nyampe sana, antrilah yang baik dan benar, jangan asal langsung nyerobot aja masuk ke pawon....ntar ujung-ujungnya juga lo pasti di suruh balik dan antri paling belakang :D




Trus, lo bisa lagi nyobain nih kuliner di Jogja, di jalan Solo, sebuah warung makan di utara jalan namanya Soto Ayam Miroso tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto No 168 A
Kebetulan, yang empunya masih sodaraan ama keluarga besar gw, hehehe, jadi sekalian promosiin aja :p. 



Yaah...walopun udah menjamur soto ayam di mana-mana, tapi....hehe bolehlah lo mampir cobain ke sini, citarasanya yang terkenal sampe bahkan namanya Miroso ini dipakai untuk penjual soto dimana-mana. Tapi yang asli teteepp kok ada di sini.
Nyuumy banget dah pokoknya!



Kalo lo mau nyobain sate ama tongseng yang juga khas dari jaman baheula, nih ya..... lo ke timur dikit, ke arah bandara Adisutcipto, ada sebuah warung tongseng dan sate Mbah Dharmo di timur bandara, selatan jalan.



Warung ini udah terkenal citarasanya dari jaman dulu ternyata, tiap sore kalo gw lewat pas pulang ke Solo gitu, antreannya banyak. Warungnya juga kecil sih, ada payung tendanya gitu di depan. Dia bakar-bakar satenya juga di depan, keliatan kok dari jalan Solo.

haduuh gambarnya bikin ngiler T,T



Trusss....yuk kita melancong ke barat....gantian kita muter, luruuuusss aja terus sampe barat Tugu Jogja, tepatnya di pasar Kranggan *ebuseeettt, kejauhan muternya T,T*
ada ayam rendang Pasar Kranggan nama aslinya apaan si gw kagak tau, gw juga sekali doang mampir di situ karena ajakan temen yang rumahnya daerah Godean. Dia bilang ayam rendangnya enak.Terkenalnya emang ayam rendang pasar Kranggan, karena letaknya yang di depan pasar Kranggan, tepatnya di Jl.Diponegoro, nomornya tidak tahu :p
bumbu rendangnya hmmm, berasa rempahnya lah! Gw kagak tau gimana ngolahnya, yang jelas ayamnya empuk dan rempahnya rendang seru di lidah gw yang orang Jawa ini, hoho :D




Bicara soal ayam-ayaman, ada lagi nih yang cukup terkenal juga dan familiar cita rasanya di kalanganmahasiswa maupun keluarga. Di daerah Tamsis (Selatan pom bensin, depan penjara Wirogunan pas) lo bisa temukan ayam goreng dan bakar Bu Ning Tamsis
kalo malem, sambil nikmatin suasana, lo dateng aja ke daerah Tamsis ini, ntar dari utara lo bakal liat banyak motor berjejer di pinggir jalan, dan orang-orang pada lesehan di trotoar. Ya itu dia temnpatnya! Ini juga jadi salah satu tempat tujuan gw kalo pulang les malem, selain lo bisa nikmatin suasana jalan Taman Siswa yang rame, lo juga bisa cuci mata liat tembok penjara :D


note: biasanya kalo lo rame-rame ama temen lo dan di situ lagi penuh banget, gak dapet tempat, lo minta aja ama masnya, ntar dia bakal pulang ambilin tiker, bebas lo pajang di mana deh, asal gak di tengah jalan aja :D, ohya...di sini, gw pernah menemukan pasangan hombreng juga, nyolak-nyolek temen gw cowok (cakep sih dianya....jadi digodain tuh ama om-om :D), udah gitu nyelipin permen karet di tas temen gw lagi, hahaha.....


Ada lagi nih, kalo lo masih di daerah selatan, mampir ke Timoho,tepatnya di samping rel kereta api (jl. Bimasakti) ada warung lesehan yang buka dari pagi hingga malem, namanya Lesehan Lestari ,semacam lesehan biasa sih, tapi yang bikin nggak biasa dan gw angkat ke blusukan gw ini karena harganya realtif lebih murah. Isi menunya ya bebakaran dan goreng biasa gitu, ada dari tahu, ayam sampe nila, bawal, ada juga jeroan sapi bagi yang suka, nasgor juga, macem-macem deh. Pernah dua-tiga kali ke sini, sewaktu sering ke tempat temen di daerah selatan buat ngerjain tugas praktikum dulu. Sesuai ama isi kantong pelajar macam gw :)

Lagi, orangnya baek banget, misal dia salah ngasih pesenan gitu, lo ntar ditambahin lagi ama yang baru yang emang lo pesen. Sebagai gantinya, yang uda terlanjur tadi gratis buat lo *hehe, lumayan kan dapet rejeki? :D, ini salah satu alasan banyak yang dateng, tapi ada juga temen gw yang pura-pura salah service T,T*

note: kalo ke sini, harap maklum, harga emang murah syalalalalala.....tapi pelayanannya kadang terlalu lambreeettt dah, udah gitu, kenapa ibunya suka ngasih gratsi ke orang, karena emang dia pelupa akut, makanya suka salah apa yang kita dapet ama apa yang kita pesen, tapi don't worry, semua ntar diganti kok, dan lo digratisin apa yang udah salah disajiin tadi :D, lumayan...alhamdulillah...dapet rejeki lo kan?

Thursday, March 17, 2011

Sixth Sense, Kelebihan, Kekurangan, Misteri, Mistik, or Whatever Lah It Called! Buat Gw, Itu Semua Milik ALLOH! Datangnya Juga dari ALLOH! Jangan Juga Diaminin Gitu Aja, Gak Usah Disangkal, Gak Perlu Didebatkan! Cukup!

Sebelumnya, mungkin ada yang tahu mengenai tafsir mimpi menurut Islam? Gw sih gak gitu ngerti banget yaa secara dalam Islam ngebahas mimpi itu kek apa. Karena kadang ada orang yang percaya dan ada juga yang gak percaya mengenai mimpi dan visi. Kalo bagi gw sendiri sih, setahu gw dari ustad gw yang nerangin gini nih: mimpi itu ada tiga macam: mimpi yang datangnya dari Alloh (ex: kayak kita mimpi ngeliat wajah Nabi Mohammad SAW, dalam Al Qur'an dikatakan, kalo syaitan gak akan mungkin bisa menyerupai wajah beliau); then, mimpi yang datangnya dari syeitan (misalnya nih lo mimpi dikejar-kejar orang gila sampai lari ngos-ngosan tapi gak juga bisa lari); and last, mimpi yang datangnya emang dari bunga tidur (ex: misalnya kita sebelum tidur mikirin sesuatu, ntar tiba-tiba kebawa mpe mimpi. Intinya yang ini sih bisa datang kalo kita dalam keadaan capek dan sedang banyak pikiran, trus ketiduran, biasanya akan muncul di mimpi kita).

Ok, berawal dari sini.....
Gw gak tau yah guys, semua mungkin pernah laah ngalamin mimpi gitu, cuman entah apa yang gw alamin ini sama kayak yang semua orang alamin atau gak di mimpinya. Gw cuman tau, bahwa sejak kecil, gw sering banget dikasih visi melalui mimpi gw ato bahkan diliatin secara nyata. Kayak semalem gw juga habis dikasih visi aneh lagi lewat mimpi. Ada beberapa hal yang kadang gw impikan terjadi sungguhan di luar nalar, kadang juga semacam antara di dunia sadar ato gak sadar gitu, kadang juga ada rahasia-rahasia orang lain yang tiba-tiba aja kek BLUK! Dikasih liat ke gw lewat mimpi itu secara gamblang banget (and setelah gw cross check face to face ke yang bersangkutan, emang bener....kadang tu orang heran, padahal dia ngerasa gak pernah cerita ke gw mengenai rahasianya itu). Ntah deh....gw kadang juga rada-rada ngeri sih ditunjukin sesuatu yang sebenarnya menurut gw sendiri, gw ogah ngeliat hal-hal macam gituan.... Namun, gak jarang  juga tuh gw bener-bener diliatin nyata wujud aneh gitu di depan gw. Ini bener-bener sadar 100%, karena gw juga gak mungkin lagi dalam kondisi mabok bir kan?, hehehe :p *birlyuneerr kalee :D*

But, trust me.....kalo lo ngalamin sendiri, gw yakin lo sendiri juga pasti bakalan gak enak sendiri lama-lama ngerasainnya. Karena kadang lo dikasih liat sesuatu yang gak pengen lo liat sebenernya. Yaah, mungkin ada juga orang yang gak percaya nih ada wujud syaitan, hantu ato apalah itu yang sering nampakin manusia. Tapi gw sendiri juga percaya gak percaya sih ama tu yang nampakin apaan. Kadang juga gw mikir, misalnya nih, gw diliatin sosok eyang gw yang udah gak ada tiga tahun lalu. Masa iya sih tiba-tiba bangunin gw buat sholat ashar ato sholat subuh gitu, dan bener-bener wujud eyang gw itu.....Gak nalar banget kan? Katanya kalo orang udah mati tuh jasadnya ikut terurai kembali ke tanah, trus ruh'nya ada di alam lain yang nunggu sampai datangnya hari akhir ntar. Jadi kagak mungkin kan tiba-tiba ruh'nya bolos bentar dari alamnya sonoh gitu...(emangnya kuliah, hahaha...:D). Kalo gw ngobrol ama imam mesjid gw nih, beliau tipe orang yang gak suka gw ngebahas gitu-gituan, auk deh. Pasti gak pernah dijawab secara pasti, malah dia bilang kalo gw percaya ama gitu-gituan artinya iman gw masih lemah T___T.....  Padahal maksud gw kan, bukannya gw suka hal-hal mistik yaah, gw tu cuman pengen diterangin aja, Islam itu sebenernya memandang hal-hal kayak gitu seperti apa, itu aja kok! Trus kalo yang gw alamin ini dari kecil, gw mesti nyikapin secara Islam tuh gimana..... Masa’ malah gw dibilang imannya tipis lagi, HUH! Bete deeehh.... T,T

Tapi gw juga punya ustad, dia bilang itu kemungkinan adalah jin yang menyerupai (Nah....kalo ini sih bisa masuk di akal....gw kan butuh jawaban noh.....). Jin itu, dia bilang lagi, ada yang baik ada yang jahat, ada yang muslim ada yang gak beragama. Nah, kalo yang suka gangguin gak jelas gitu, itu sih jin yang jahat dan gak beragama. Kalo yang baik dan muslim, kadang juga sering muncul dengan hal yang baik-baik (contohnya: kayak menyerupai eyang trus ngebangunin buat sholat ashar itu....itu bisa jadi jin yang muslim, dia ngingetin untuk kebaikan, sholat). Tapi yang gw gak ngerti juga sih, secara ilmu metafisika, katanya.....makhluk-makhluk kayak gituan tu energinya lebih kecil dari manusia (ini kata salah seorang rekan yang mempelajari ilmu metafisika yah....gw cuman copy paste kata-kata dia aja nih, orang gw sendiri juga kagak ngarti sama sekali, cuman gw bisa ngerasain 'eksistensi' mereka itu di sekitar gw.....). Jadi, dia itu suka kadang-kadang 'nempel' ke manusia karena energinya manusia lebih besar. Katanya yang bisa ngeliat ini dari kacamata metafisis, mereka tuh kayak kilatan-kilatan yang bisa bergerak ringan dan cepat ke sana-ke sini gitu. Entah deh, gw sih ngeliatnya wujud yaa...bukan kilatan doang, jadi kagak ngarti juga sebenernya mereka itu berbentuk apa, apa warnanya, gimana aslinya, serem ato lucu, ato bahkan bikin kita 'girap-girap' kalo kata orang Jawa (karena takut, jijik, ngeri gitu campur satu...). Kata rekan gw lagi nih,.....,tu makhluk karena energinya kecil, makanya mereka butuh energi yang besar untuk bisa menyerupai wujud manusia. Nah, makanya, kata dia lagi, kalo yang bisa gw liat itu, pasti mereka muncul dengan perubahan wujudnya yang gak bisa sempurna, (misal nih yaa...dia muncul kayak cewek, ada rambut, ada badan...tapi kadang yang gw liat, mukanya kabur, ato ntar tangan ama kakinya juga gak keliatan (blur aja gitu); ato kadang misalnya yang gw liat dalam bentuk kepala nih....ya cuman keliatan dia item bulet tapi wajahnya juga absurd banget gitu.... ;pernah juga nih, gw liat anak kecil di deket kentongan besar milik eyang gw dulu, tuh anak jongkok lompat-lompat persis kayak kodok, tapi yang gw liat mukanya tuh aneh, mirip kurcaci di tipi-tipi, eh ato gambaran alien gitu kali yaa.... idungnya mancung banget tapi bengkok, trus matanya gede, mulutnya kecil, serba gak jelas gitu lah!). Itu tuh, kalo dari penjelasan rekan gw ini, katanya, itulah yang dia maksudkan dengan 'perubahan gak sempurna' tadi.... Makhluk itu pengen muncul ke muka manusia, sebenernya pengen ngasih liat ‘eksistensi’ mereka suatu ketika, yaa kayak kita pengen show of gitu deh....seolah-olah mereka mo bilang: “hei! Ini loh gw!” ,tapi karena transformasi energi dari alamnya sonoh ke alam kita itu gede, makanya gak beres bentuknya.... Apa yaa.....Intinya, gak bisa kayak manusia asli lah! *Halah! Mo ngomong gitu aja ribet bener ngejelasinnya, hehehehe :p*

Gw kagak tau juga, penjelasannya yang secara Islam bener tuh kek apa, tapi itulah yang sedikit gw pahamin dari penjelasan ustad gw dan beberapa rekan gw. Gw sebenernya gak suka yang bau-bau klenik gitu, bahkan kadang gw dibilang Miss.Mistis kalo sama sahabat-sahabat gw. Abisnya mereka gak bakalan 'ngeh' juga sekalipun gw cerita ampe berbusa-busa dan sumpah Wallohi kalo yang gw liat itu beneran...... Kadang juga ada orang yang nanggepin gw terlalu sensitif ama hal-hal kayak gitu. Makanya kalo gw 'diliatin' apapun, dimanapun (terutama tempat baru yang baru gw jamah, hampir bisa dipastikan tuh, gw sering diajak 'kenalan' T,T), gw jarang cerita ama orang. Gw pendem aja sendiri, walo kadang horor sendiri juga sih dirasainnya.....

Nyokap and keluarga sih awal-awalnya juga bilang, gw suka aneh-aneh lah, apa lah, kebanyakan ngehayal lah, kebanyakan ngelamun lah, kebanyakan nolis novel cinta lah *emang ada hubungannya? :D* ,ato sebelum tidur gak berdoa lah..... Tapi lama-lama mereka bisa memahami kondisi gw juga. Bahkan kalo gw sering diliatin orang-orang yang udah gak ada gitu, dengan segala kondisi mereka yang maaf nih--gak pernah 'bagus'-- ,malah keluarga nyaranin gw buat kirim doa buat mereka....biar segala dosa-dosanya semasa di dunia diampuni, diberi keringanan dari siksa kuburnya gitu. Ya habisnya mo gimana lagi, cuman itu emang yang bisa gw lakukan. Masak kalo misalnya nih, beneran kondisi mereka di alamnya sonoh sama kayak apa yang gw liat, gw bisa nolongin apa? Gak mungkin kan? Toh, kalopun gw bilang ke keluarga yang ditinggalkan, mereka juga bisa nolong apa? Cuman doa kan?
And, lama-lama gw sadar.....dan gw sangat-sangat percaya, kalo semua itu datangnya dari ALLOH semata. Hidup mati manusia, rizqi, jodoh dan segala jalannya, semua sudah punya ketetapan masing-masing. Gak akan tertukar ,gak akan terlambat, gak akan nyasar, gak akan salah alamat. Gw percaya, dan yang gw yakini bahwa manusia itu bukanlah satu-satunya makhluk ciptaanNYA. Jadi, ada hal yang di luar nalar kita, ya gw percayai itu. Bukankah ALLOH merajai semua yang gaib? Jadi untuk apa takut. Walopun gw juga ngerasa kadang kalo iman gw lagi gak beres gitu, gw ketakutan sendiri ama makhluk-makhluk gak jelas dan sesuatu yang jahat yang tidak nampak kayak yang sering dikasih liat ke gw. 

Tapi, gw selalu berusaha menguatkan diri dan menekankan ke diri gw sendiri untuk selalu percaya, bahwa ALLOH itu merajai semua yang gaib. Gak mungkin juga kan, gw bakal mati gara-gara ngeliat hantu. Ato hantu bisa ngebunuh gw, *yeee.....emang pilm-pilm horor Indonesia! :D* muskil banget deh! Hidup mati manusia, gw percaya Alloh yang berkuasa. Satu juga yang nguatin gw kalo gw ketakutan sendiri, bahwa manusia itu lebih tinggi derajadnya dari mereka. Karena gw pernah tu dulu, kayaknya 'secara paksa diusir' makhluk-makhluk gak jelas itu dari kamar gw sendiri bahkan. Entah, dulu kan kamar gw itu bangunan baru yang baru dibangun sama eyang buat gw tidur, mungkin mereka gak suka gitu kali gw nempatin tu kamar kali yah? Jadi hampir tiap malam, bayangin.....hampir tiap malam nih! Gw diliatin wujud yang bikin girap-girap dan gw terpaksa pindah tidur kalo udah takut. Padahal yaah, udah gw bacain doa, bacain surat pendek, baca ayat kursi tuh, sholat juga insyaAlloh gak bolong-bolong, sholat malem insya Alloh rajin juga; tapi masih aja sering digangguin. Malah, gw ngerasa nih, semakin gw kuat dan rajin puasa, ngaji, sholat malem, gw malah semakin sering diliatin. Finally, gw sering pindah ngungsi ke kamar tidur keluarga gw yang laen deh..... Namun, setelah gw sadar dari perkataan ustad gw, bahwa manusia itu makhluk yang mulia yang diciptakan Alloh lebih tinggi derajadnya daripada makhluk lain. Bahkan dulu aja ceritanya (ni sumbernya Al Qur'an yaa...) syaitan disuruh nyembah Nabi Adam A.S. aja gak mau tho, mereka kan sombong tuh, ngerasa dirinya terbuat dari api, sedang manusia dari tanah, jadi kagak mau. Udah gitu dilaknat sama Alloh. Jadiii.....kalo gw takut ama mereka, itu SALAH BESAR! Helloooohhh, siape eluuu! Udah gangguin manusia, seenaknya ngusir gw lagi. Jadi, suatu hari, gw pernah tu ya kayak orang gila, akhirnya gw ngomong tereak-tereak sendiri di kamar. "Gw gak takut ama lo! Denger ya, sama-sama makhluk Alloh kita, tapi gw lebih tinggi derajadnya dari lo! Kita juga punya alam sendiri-sendiri, gak usah saling ganggu! Lo hidup aja sono di alam lo sendiri. Gw juga hidup di alam gw sendiri. Gak usah gangguin gw. Ini kamar gw, jadi terserah gw mo tidur ato ngapain di sini. Kalo lo berani ganggu gw, gw juga gak segan bikin lo kebakar sendiri nanti!!! Kalo lo masih gangguin gw, gw yang akan ngusir lo nanti!!!!". Yaah,.....,secara kasarnya itu yang gw bilang ke mereka *hahaha...geblek! yang ada, tepatnya, gw marah-marah, tereak-tereak sendiri di kamar kayak orang sinting...:D*

Well, believe it or not, serius, semenjak itu yaa...makluk apaan yang sering gangguin gw itu udah gak pernah muncul lagi loh. Hahahaha.....gak tau deh. Kalo sampe sekarang, diliatin dalam wujud lain di kamar gw itu sih masih, tapi gw rasa itu yang sekedar 'lewat' aja mungkin yaa. Dunno lah!

Semakin ke sini, gw semakin sadar, kalo Alloh ngasih 'sesuatu' itu PASTI dengan banyak hikmah.....maksudnya tanpa merasa bahwa gw sombong, misal gini, gw bilang ke si A: ini loh semalem gw dikasih liat...awas ntar kalo lo pergi, lo bisa jatoh!; Ato gw bilang ke orang lagi: eh gw tau loh, lo dulu tu gini-gini-gini kaann?. Bukan semacam itu! Sempit banget kalo lo mikir kayak gitu tentang apa yang gw rasain! Gw gak mungkin juga kayak gitu.... emangnya mo jadi cenayang? Sok tahu apa yang bakalan terjadi dan udah kejadian di diri orang laen? Ntar jadinya malah gw takabur lagi!

Pokoknya, apapun yang dikasih Alloh ke gw, selalu gw syukurin, paling tidak bisa ngingetin diri gw sendiri lah, kalo manusia bukan satu-satunya makhluk ciptaan Alloh. Tapi yang harus kita percaya, Alloh berkuasa atas apa yang Ia miliki. termasuk yang gaib. Kalo toh sesuatu terjadi seperti yang gw liat dalam visi ato pengliatan gw, ya itulah kehendak Alloh, gak usah disangkal gak usah ditangguhkan datangnya. Cukup gw jadikan kesadaran dan keyakinan juga pemicu keimanan gw, bahwa kuasa Alloh itu melebihi akal pikiran yang tidak mampu kita jangkau. Apapun yang Dia kehendaki jadi, maka jadilah! Jadi gak usah takut!

InsyaAlloh, kalo lo punya pengalaman dan perasaan hampir sama kek gw dan apa yang gw alamin ini, ntah itu dianggap 'kelebihan' atau malah suatu 'kekurangan' sama orang laen, ato lo dianggep 'lebay' or 'mistis' lah, whatever! Gak usah sedih, gak usah takut! Lo bukan mutan kok! Lo kan masih sama manusianya juga kek mereka.... yang jelas, jadikan itu semua sebagai 'sesuatu' untuk mendekatkan diri kita lebih dekat dan lebih menghamba lagi kepadaNYA..... itu saja! Karena, kata ustad gw lagi nih, satu langkah kita mendekat sama Alloh, Alloh akan mendekat 1000 langkah ke kita. Gw gak tau ini dari surat apa ayat berapa, tapi pasti semua yang ngaku Islam pasti pernah dengar setidaknya: "Ingatlah Aku, maka Aku akan mengingatmu" :)


-Best Regard-

Bening Rahardjo,

Monday, March 14, 2011

Blusukan Jogja (Part 1).......

Buat lo yang hobi menyia-siakan waktu dengan hal-hal geje tapi seru, berikut ada beberapa tempat yang pernah gw datengin. Gw 'nyasar' ke tempat itu juga kalo bukan karena insomnia juga gak mungkin nyampe sana. Yah....ambil hikmah positif aja, ternyata disorientasi gw ini juga bisa berpengaruh positif biikin jadi hobi nikmatin kuliner dan nyari tempat baru buat semedi, hahaha.....Tempat hangout, plesiran, blusukan, sightseing, walking around and some like that......apapun namanya itu, sumpah! Gw cintah banget ama Jogjaaa!!!! Awesome!!!!

Ok, first.... gw mulai dari tempat yang terdekat dari kosan gw aja dulu, di sekitar area lembah UGM.....

kalo di saban hari, area ini sekarang udah sedikit 'bersih' dari PKL, soalnya pihak kampus emang udah melarang para penjual kaki lima masuk ke wilayah kampus. Tapi, lo bisa menyaksikan betapa crowd'nya tempat itu di hari minggu pagi, area ini dipadati PKL mulai dari pertigaan jembatan merah F.Pertanian - F.Kedokteran Hewan, hingga ke depan Masjid Kampus UGM. Biasa disebut Sunmor (singkatan dari Sunday Morning). Yah....semacam pasar dadakan gitu deh. Barang-barang yang dijual pun aneka macam, mencukupi kebutuhan mahasiswa maupun keluarga. Harganya pun relatif lebih miring dibanding harga toko/swalayan, pinter-pinter yang nawar aja dah!  Aneka kuliner juga teresaji di sini, mulai dari cimol, otak-otak, tempura, mie lidi yang seharga 1000/bungkus hingga coto makasar maupun lontong sayur, takoyaki, dan makanan lain betebaran di sini. Lebih seru lagi kalo pas momen Ramadhan, weew....tempat ini dah kayak pasar tiban aja ba'da azar hingga mendekati azan maghrib. Biasanya, mahasiswa maupun keluarga pada ngabuburit di area ini. Para penjualnya pun kebanyakan mahasiswa, berjualan kolak, es buah, atau camilan jajanan tradisonal lain.

note:
  • Gw saranin kalo lo orangnya punya penyakit migrain, dan sering kambuh kalo di tempat yang overload crowd, sebaiknya gak usah dateng ke sini deh.....PUSING DAN BISA KEJANG2 LO NTAR walhasil malah jadi kerumunan orang!
  • Trus, kalo mo pengen harga yang lebih murah lagi, selain kudu pinter nawar, lo bisa praktekin nih keyword gw satu ini: SOK AKRAB AJA AMA PEDAGANGNYA *apalagi kalo yang jualan cowok*, hasil riset: temen gw orangnya nyablak banget, dimanapun dia pergi, dia selalu SKSD ama yang punya tempat, so...selain dapat diskonan khusus, lo juga bisa nambah banyak temen :D

 


Second, selain area di atas, area lain yang masih di seputar kampus UGM yang mesti lo datengin dan cobain kulinernya adalah warung tenda area kampus UGM. 


Kalo sore, warung-warung tenda mulai didirikan dari sekitar belakang kampus Kehutanan, hingga di sepanjang pinggiran Jalan Kaliurang di barat kantor Gedung Pusat UGM dan GSP (Grha Sabha Pramana), harganya pun bervariatif, rasanya tergantung lidah juga sih, but, minimal, lo cobain dulu dah......yang sering gw kunjungin salah satunya adalah warung Susu Segar Bang Nino, jualan roti bakar juga aneka rasa dan susu segar, pokoknya nyyummy! Trus yang lumayan enak kalo buat bebakaran dan goreng-gorengan gitu, di depan Kampus MIPA, tepatnya di depan Perpus Unit I UGM, *sayang gw lupa apa namanya* lo bisa pilih lele bakar/goreng, ayam, nila, bawal, yang juga rame antreannya di situ....


Ok, lanjut yang di sekitar utara kampus UGM, ohya...jangan lo harap gw bakalan ngebahas tempat-tempat macam Dunkin ato PH area Jakal, absolutely not like that....judul postingannya aja blusukan, so pasti area yang 'pantas' disebut blusukan....:)

di Pogung Selatan (tepatnya sebelum jembatan teknik yang nembus ke Jalan Magelang), ada sebuah warung, catnya khasnya ijo *kalo belum berubah yaa :p* ,di pojokan jalan, belakang kampus Teknik UGM ,namanya warung NR (ato SR yak, aduh gw lupa!).

pokoknya tuh warung jualan makanan bervariasi menu'nya, sering banget dikunjungi mahasiswa dari siang sampe malem, dan kalo tuh warung di dalam penuh, lo bisa makan sambil menikmati asap kendaraan di trotoar belakang kampus Teknik (hahahaha, mampus aja lo!), but, gak usah khawatir....lo bisa makan sambil bawa masker kalo gak mau kena asap hehe :p
cobain dulu lah, kalo gw ngerekomendasiin tu tempat, artinya emang enak makanannya :) 
note: yang agak sabar aja yak kalo mesen menu, mending kalo lo laper berat, cari tempat laen deh, coz pelayanannya agak lama....maklum rame setiap harinya.

Then, selanjutnya, buat lo yang belum pernah nyobain bakso kepala sapi, perlu cobain deh sekali-kali.....cuma jangan marah-marah buat lo yang hobi makan porsi besar kalo ternyata yang lo dapet ntar cuman dikit banget baksonya :p , soalnya temen gw kesel makan di sini karena porsi baksonya kecil kata dia, hehe....
tapi kalo sesekali pas hawa dingin gitu, lumayan juga lah ngangetin perut, apalagi kaldu sapinya kentara banget di lidah *SLLLURRRPPP* 
Di Jalan Kaliurang KM.4,5 ada tuh.... dimana-mana juga udah betebaran kok nih warung bakso....




Berikutnya, agak ke utara....ke Jalan Magelang, di pinggiran daerah Sleman. Tepatnya daerah Niron, Pandowoharjo, Sleman, kalo gak salah tepatnya di KM 11,5 ada JeJamuran Resto , ni macem-macem olahan jamur ada semua di situ.....mulai dari jamur goreng crispy, sate jamur, omelet jamur, sup jamur kuah bening (nama gw dong :p), sup krim jamur, oseng jamur, pepes jamur, apapun lah......semuanya NYUMMY banget!
Harganya lumayan juga laah karena didukung tempat yang lumayan, biasanya ada musik pengiring gitu kayak band Koes Plus'an tapi lagunya lagu jaman sekarang, hehe....Kelasnya ni juga menengah....jadi siapin kantong yang pas kalo ke sini....ada minuman yang dibikin juga dari olahan jamur, namanya wedang jejamuran. 
Pokoknya lo musti cobain!

sewaktu gw ke sana



Ada lagi yang seru, di daerah Klebengan (utara kampus Fak. kedokteran Hewan, tapi daripada ribet, lo masuknya dari gang depan Natasha Jakal KM.5 aja deh....lurus aja mentok sampe ngelewatin turunan dan tanjakan, ntar ketemu pertigaan, lo ambil yang ke kiri, deket ama lapangan futsal), namanya Warung Bebek Warrior


sesuai namanya, menu olahan di sini juga dinamakan aneh-aneh gitu, ada infantri, perang dunia lah, amfibi lah....(pokoknya all about bahasa tentara'an gitu deh). Tapi yang jelas emang menu utamanya sih bebek, apalagi dilumuri sambel hijau....beeeuuhhh! mantap! cuman lo bisa juga pesen yang laen-laen, misalnya ayam....ntar namanya juga beda tuh....(semakin kecil tuh sumber olahan, 'pangkat' namanya juga semakin kecil......auk' lah!)

note: ada warning nih yang musti lo tau duluan di sini, semua pelayan di sini didandanin ala tentara punya gitu, lengkap ama topi penyamarannya yang pake rumbai-rumbaian gitu lah....hahahahaha, jadi jangan sampai lo tiba-tiba ngakak di depan orangnya pas tiba-tiba mereka nganterin pesanan lo.....soalnya temen gw pernah tuh ada yang bener-bener ngakak guling-guling ngeliat rumbai-rumbai dan coretan-coretan hitam di muka mas pelayannya :D


Yang gak kalah sadaaappp dari bakso kepala sapi, lo ke selatan dikit, pas sebelum perempatan MM UGM, sebelah timur jalan, sebelum Kayona Photo, ada warung basko dan mie ayam lezaatt! namanya Warung Mie Ayam Babar


Wooo, kenyang deh porsinya! selaen itu juga sadap rasanya! harga juga pas buat kantong mahasiswa kere macam gw, hehe.... di sini selalu rame, jadi kadang jam 8 malem gitu aja dah abis, enaknya kalo makan di sini pas siang-siang, cobain Mieso (mie ayam bakso), seporsi 7 rebong aja.




Masih terkait mie ayam, lo juga mesti nyobain Mie Ayam Syuhada yang dia letaknya di deket mesjid Syuhada
Murah meriah, menu utamanya ya mie ayam pangsit plus es teh. Tiap hari rame anak sekolahan maupun mahasiswa. Awal-awal kuliah, tiap istirahat lepas mata kuliah satu ke yang lain, gw ama temen-temen gw juga hobi nangkring di sini.


Ada lagi yang juga LEZAAAATTT, Mie Ayam Santika *gw gak tau namanya apa, tapi yang pasti karena letaknya di depan Hotel Santika Tugu, makanya terkenal nama mie ayam Santika* 
Tapi kalo makan di sini lo mesti tau waktu juga....soalnya yang ngantri banyak tapi tiker dan tempat lesehannya pun sempit (musti berbagi space ama halte Transjogja di depannya pas). Jadi kalo lo makan di sini, enaknya pas sore-sore, emm...tapi di jam segitu juga biasanya rame orang pulang kantor siihh.....
yaa, sepinter-pinter lo cari tempat aja dah :D




Ada lagi yang seruuu cobain warung lotek depan SD Percobaan II di Sendowo,
bentuknya sih bukan warung rumahan gitu yaa, ini cuman kayak gerobakan gitu, plus dia jualan es-es buat anak SD gitu deh, jadi kalo orang belom tau, dikira warung gerobak penjual es biasa. Buat lo yang hobi makan lotek pedas bisa mesen berapa cabe sama bapak/ibunya yang jual, minta 12 cabe ampe bikin mata lo gak bisa melek juga gak papa :D ,yang jelas porsinya besaaaarrrr!  Gw pernah makan porsi lotek besar kayak gini juga di daerah Baciro dulu waktu awal-awal gw ngekos, cuman kalo sekarang gw udah lupa tuh arahnya di sebelah mana. Cocoknya kalo lo makan ama mendoan anget, lebih mantap! Tapi yaa itu, lo mesti maklum ama posisi lo makan, coz tempatnya emang cuman di gerobakan dia yang juga full jualannya gitu....




Aneka es krim bisa lo cobain di sini, Rumah Es Krim Mirota, yang letaknya cuman di sebelah timurnya Mirota Kampus sekatan kampus UGM, macem-macem dah sajiannya dan dibikin kayak kafe kecil gitu, trus ada meja-meja payung di halaman depan *tapi gak enaknya pandangan di sekeliling isinya mobil doang, soalnya emang di area parkir mobil Mirota Kampus sih*, harga juga sangat terjangkau kantong mahasiswa. Ada camilan french fries, burger, dll. juga....

sorry, malah foto gw yg kegedean, bukan es krimnya :p

Trus, kalo siang-siang pas panas-panas gitu, lo juga bisa nih nyobain salah satu warung es di daerah Sagan,
ada tempat namanya Es Campur Sagan di jl.profesor yohanes 1060 (sagan,utara galeria mall ),


di sini jualan macem-macem es....tapi yang paling ok yang pernah gw cobain sih es campur ayu ama es teler duriannya. Waahh, seger banget kalo pas lo ngerasain temperatur Jogja yang so hot!
rata - rata tiap hari penuh juga pembelinya apalagi kalau lagi panas-panasnya tuh bumi kita, sampai mereka buka cabang yang ke 2 di deket situ juga. Harga standar.

note: meskipun dikata lo dateng ke situ saat bener-bener dahaganya dan begitu panasnya cuaca di luar, lo gak boleh asal ketipu ama gambar yang dipajang ketika lo emsen menu, kadang gak cocok ama es yang lo pesan ntar *bisa jadi kayak fatamorgana di tengah padang pasir yang begitu panas* :D

Oh, iya, ada rekomendasian dari temen gw nih, namanya Es Buah PK, letaknya di pojokan Jl. magelang dan Jl. pakuningratan.
di situ jualan es buah dan bakso, tapi yang paling enak tuh es buahnya....macem-macem buahnya dan susu kental manisnya juga kerasa banget. Bagi yang gak suka susu manis, bisa diganti ama aer perasan jeruk yang gak kalah segernya. Tempat ini rame banget didatengin orang, apalagi kalo pas kondisi cuaca yang panasnya minta ampun....coz' harganya emang murah meriah merakyat sekali, cukup 2 rebong. Murah kan? :)


Kalo lo mau makan yang bener-bener muraaaaaahhh, silakan pilih deh sesuka lo angkringan di seluruh penjuru pelosok kota Jogja....silakan nangkring sambil makan sego kucing plus es teh juga boleh,
tapi yang paling terkenal tuh dan gak boleh ditinggalkan dari dunia kuliner malam Jogja adalah  Angkringan Lek Man (Tugu),
di sini lo mesti cobain spesialnya yang terkenal sampe masuk tipi bahkan, yaitu kopijoss, banyak kawula muda yang pada lesehan di sini tiap malam. Sambil jagongan ngalor ngidul, dicepaki nyamikan plus wedang kopi! wiss....Jogja banget deh!



Selaen angkringan, kuliner malam yang tak kalah taste-nya Jogja banget adalah Wedangan Pakualaman, letaknya di pojok lapangan Pakualaman (nah, lo cari aja muter-muter, haha...),
di sini jualan jadah bakar ama teh poci yang paling khas, jadi pas suasana malem yang dingin gitu lo bisa deh cobain teh pocinya! Disajikan dalam poci dari tanah liat *yaa iyaalaaahh! namanya juga teh poci!*, trus minumnya pake gula batu.....*slurrrruuupppp*
gw dulu pernah nyobain sekali waktu awal-awal di Jogja, sekarang gak tahu gimana yah tu wedangan, tapi yang bisa lo nikmatin juga adalah nasi gurihnya (orang jawa bilang sego gurih) dimakan ama sambal goreng krecek dan lauknya bisa pilih sendiri. 


Rekomendasian gw sih teh pocinya, mantap! gw pernah ngerasain teh poci yang hampir-hampir mirip sewaktu perjalanan dari Cianjur ke Bogor, di daerah Puncak, ada warung kecil gitu yang jualan teh poci, gw ma keluarga gw sempet nyobain....mantap deh! palagi suasana di Puncak juga dingin....penyajiannya juga bener-bener tradisional gitu, dan pake gula batu juga. Khas deh pokoknya!
note: yang gak suka tempat remang, gak usah ke sini....tempatnya agak-agak mistis gitu kalo dari jauh, hahahaha....abisnya di bawah pohon lumayan gede trus kondisi remang-remang gitu, deket ama Kraton Pakualaman pula, tambah horor aja tuh! :D


Buat lo yang suka ama jus, nih ada tempat yang gw rekomendasikan asik buat kongkow juga, namanya Jus Gejayan,  tempatnya di sebelah percetakan Kanisius dan di depan butik Moniq pas, di daerah Deresan.

di sini jualan aneka jus, pofertjes (semacam kue khas Belande), salad buah dll.
Harganya sesuai ama kantong gw lah *mahasiswa kere T,T* 
jadi, lo bisa ngajak temen-temen lo, pacar lo ato selingkuhan mungkin (heehehe...:p), dan nih tempat cocok buat sekadar haha hihi saja sambil nikmatin jus di siang hari yang panas disuguhi pofertjes. Passs! serasa Meneer an Madame Belande :D


Nah, masih di situ juga, ada kafe namanya Gerobag Caffe, 

juga bisa jadi alternatif kalo lo suntuk, lumayan lah....aneka makanan dan minuman di sana dengan harga yang terjangkau, french fries, smooties, apa lah itu....tempatnya sih ok, di luar dengan meja-meja bundar berpayung, di atapnya pohon rindang nan sejuk. Kalo bulan Ramadhan, beuh! rame bener di sini, dan gw saranin kalo lo mau ngabuburit ama temen-temen lo rame-rame di sini, lo dateng jam 4 mesen duluan menunya apaan, biar gak gedubrakan ntar pas bedug maghrib. Soalnya pengalaman gw ama temen-temen gw, kelaparan mampus bahkan bedug maghrib dah lewat saking penuhnya, mereka sampe lupa ama pesenan kita.
note: jangan ke sini kalo lagi ujan, tempatnya gak ada payungannya, jadi bisa dipastikan acara hangout lo jadi gak asik!

Nah, buat kuliner sejati, ada lagi masih di sekitar-sekitar utara juga, ada salah satu warung makan namanya Warung Pak Sangat, yang beralamat di perempatan Kolombo di Jl. Kolombo (deket penjual buah-buahan itu loh...).
Gw pertama kali ke sini dari rekomendasi ex-boy gw dulu, awalnya gw pikir yaa macam warung magelangan biasa lah, karena di sini jualan nasi goreng magelangan, capcay, bakmi goreng/godog, dan susu panas.
dan harganya juga relatif pas di kantong mahasiswa,

Katanya beberapa orang temen gw nih, ...sebenarnya yang paling bikin enak di warung ini ya susu panasnya. Harganya murah cuma 1800 per gelas, susunya kental, disajikan panas. Apalagi kalo cuaca pas dingin hujan gitu. Susunya pun banyak macemnya. Mau dicampur madu, jahe,telor, atau mau yang rasa coklat, manis ,semua ada. Tapi kalo sambil makan juga kok. 
Bakmi atau nasi goreng Magelangan pak Sangat juga enak. Porsinya juga banyakk, harga terjangkau mulai dari 6000an. Ga mau makan berat? Gakpapa makan roti bakar aja. Yang penting rasa susu disini ga kalah sama warung susu Si Jack yang terkenal di Solo.


Segitu dulu deh acara blusukan gw, hehe....ntar berlanjut lagii kok.....CU*