Friday, September 2, 2011

Lebaran di Ndalem Martanan

As usually....mudik ke tanah kelahiran adalah salah satu hal paling wajib 'ain ketika libur lebaran. Mule sodara yang di ujung timur ampe ujung barat Indonesia, semua pada dateng tumpah ruah di Ndalem Martanan. Jumlah keluarga inti kami ada 50 orang, genap. Itu udah diitung dari pakdhe yang paling sulung sampai om paling bungsu. Udah diitung pula cucu yang paling gedhe ampe cicit yang paling indil, hehe...

Yaaa.. bisa dibayangin laaah...segimane ribetnya tuh Ndalem Martanan kalo pas pada mudik jadi satu. Riweuh, kata orang Sunda! 4 kamar mandi aja masih kurang kalo uda pada buru-buru mandi. Antrean di depan pintu kek antri ponari. Belom lagi kalo makan minum, gileeee.....gelas piring perabotan kotor dimane-mane, payah tujuh turunan yang nyuci!

Salah satu hal yang paling berkesan adalah ketika TIDUR! yap! kenapa gw bilang tidur menjadi berkesan? hahaha....sumpah! kalo pas mudik lebaran kek tahun ini, ketika menginjakkan kaki ke Ndalem Martanan, anda bisa melihat orang pada gelintungan tidur di mana-mana (bahkan sampai di kamar mandi, YAKIN!). Gw aja dulu, pernah ngga dapet tempat buat tidur, semua kamar udah full booking, njogan depan tivi alias di Ndalem inti juga udah digelari tikar buat gulung-gulung sekeluarga, hehe.... Walhasil, gw tidur di atas meja panjang yang tingginya kira-kira selutut orang dewasa lah.


Ini dia hasil candid suasana mudik lebaran di Ndalem Martanan yang hampir-hampir mirip camp pengungsian :D ,cekidot!