Wednesday, July 9, 2014

Indonesian Presidential Election 2014: Jentik Ungu Today! :)



Hallo Indonesia!! 

Hari ini kita semua telah melewati pesta demokrasi terbesar negeri ini, ya, pemilihan presiden Indonesia 2014. Pemilihan presiden Indonesia kali ini mungkin yang paling banyak ditunggu-tunggu masyarakat, entah mengapa atmosfer politik tahun 2014 ini terasa sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin dikarenakan kandidat calon presiden yang hanya ada dua pasang, sehingga tidak banyak jumlah suara yang memecah. Mungkin juga karena perhatian rakyat Indonesia kepada pemilu kali ini sudah lebih besar, pemahaman rakyat Indonesia mengenai nasib politik bangsa sudah lebih baik. Bahwa satu suara saja sangat penting guna menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan.  

Tidak hanya warga negara kita yang tinggal di dalam negeri, dari laporan KPU dan Kementrian Luar Negeri, mereka yang berada di luar negeri pun sangat antusias dengan pemilu presiden kali ini. Memang pemilihan presiden di luar negeri lebih dahulu dilaksanakan. Teman saya yang ada di Belanda juga sudah mengabarkan bahwa ia telah menggunakan hak pilihnya dengan baik. Siapapun nanti yang akan terpilih, menurutnya itu bukan menjadi masalah. Ya, saya sangat setuju. Siapapun yang akan terpilih, sama-sama cerdas dan membawa misi-visi yang baik. Harapannya hanya satu, amanah. Itu saja. Meski hanya sebuah kata "amanah", itu sama sekali bukan berarti ringan. Tantangan ke depan bangsa kita jauh lebih besar. Hal yang paling penting adalah kita semua sudah memilih dengan menggunakan hati. Semua sudah memilih sesuai dengan pilihan hati masing-masing :)

Meskipun begitu, tetap saja pemilu presiden kali ini tidak luput dari perpecahan melalui black campaign oleh banyak oknum. Jujur, sebelum 9 Juli, saya tidak terlalu menikmati tayangan berita di televisi, berita di koran pagi, berita di media internet bahkan hingga media sosial. Menurut saya, teman sudah terpecah belah hanya karena banyak dari mereka yang memilih mendukung kandidat presiden pilihannya secara frontal. Semoga, setelah terpilihnya presiden baru secara resmi nanti, kita segera kembali bersatu sebagai satu rakyat Indonesia :)

Legaaaa rasanya 9 Juli telah terlewati! Tinggal menunggu perhitungan resmi dari KPU saja, toh siapapun yang menjadi presiden terpilih nanti, kita semua tetap harus ikut mendukung dan mengawasi jalannya pemerintahan. Berikut adalah gambar-gambar yang merekam pesta demokrasi Indonesia di luar negeri maupun di dalam negeri yang saya ambil dari berbagai sumber:

The Indonesian election mascot 2014
The ballot papers
Insert ballot paper into the box after vote
Purple ink as proof we have voted
Election atmosphere at The Consulate General Republic Indonesia, Frankfurt
At Indonesian embassy, New York USA
at Indonesia
Selfie after election
The flick after election
At Taiwan
At KBRI Beijing
At KJRI New York, USA


Salam jentik ungu!


Regards,

-BR-