Friday, January 9, 2015

Poker Face

Belakangan sering kita mendengar kata penggunaan frasa 'poker face' dalam beberapa kalimat, biasanya digunakan oleh anak-anak muda zaman sekarang. Lalu sebenarnya apa sih makna istilah 'poker face' itu? Bagaimana istilah itu sering digunakan oleh masyarakat untuk menggambarkan perasaan mereka? Baiklah, saya akan jelaskan sedikit sesuai keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Correct me if I am wrong. 'Poker face' diambil dari Bahasa Inggris. Kata face berarti wajah. Sedangkan kata poker merujuk pada sebuah permainan kartu yang melibatkan taruhan dalam permainan individu, dimana pemenang ditentukan oleh pangkat dan kombinasi kartu mereka, bahkan beberapa di antaranya tetap tersembunyi sampai akhir pertandingan. Permainan kartu ini melibatkan kesempatan dan strategi jangka panjang dari para pemain. Semua itu juga ditentukan oleh tindakan yang dipilih berdasarkan probabilitas, psikologi dan teori permainan. Selain memerlukan kecerdasan olah kemampuan matematis individu dalam memperhitungkan angka-angak statistik sebagai dasar pengambilan keputusan, ternyata permainan ini juga memerlukan trik psikologi untuk saling menjatuhkan. Hmm, kedengarannya menarik ya? 

Pada permainan poker, diperlukan kehandalan dalam mengendalikan emosi (baik secara gesture tubuh maupun teknik pernafasan). Lawan bisa saja membaca ekspresi dari wajah seseorang, apabila orang tersebut terlibat secara emosional pada kartu yang dipegangnya. Misalnya, sewaktu pemain memegang kartu yang buruk, cara menarik nafasnya pun dapat terbaca dengan mudah oleh lawan. Begitu juga dengan pergerakan bola mata, bibir, alis, kerutan di dahi, dan lain-lain. Oleh karena itulah beberapa orang menjuluki poker sebagai permainan perang mental pula. 

Lalu, apa itu 'poker face'? 'Poker face' menurut urbandictionary.com adalah ungkapan untuk menunjukkan gambaran wajah pada seseorang yang tidak menunjukkan emosi sama sekali atau datar. Penggunaan istilah 'poker face' ini menjadi umum karena dalam permainan kartu poker akan sangat bodoh untuk menunjukkan sifat emosional di depan lawan, yang mungkin akan mengacaukan permainan untuk Anda. Jadi, istilah 'poker face' yang sering digunakan oleh anak-anak muda saat ini diambil dari gambaran wjah seseorang saat bermain poker. Bisa berarti suatu ekspresi wajah yang dingin, datar atau tanpa ekspresi.






Regards,

Bening Rahardjo