Friday, March 18, 2011

Blusukan Jogja (Part 2).....

Hi! Gw dateng lagi....sekalian dapet jatah ngeshift pagi, sekalian gw mau ajak lo semua buat blusukan lagi, hehehe....
Masih seputar kota Jogja aja sih, lanjutan dari postingan sebelumnya yang to be continued.... Kenapa kota Jogja? Ya karena gw tinggal di Jogja, JELAS LAAHHH! :D, dan gw cukup menguasai kota ini dengan lumayan baik selama 4 tahun lebih (hampir lima tahun malah T,T). Sebenernya bukan itu aja yang bikin gw cinta banget sama Jogja sih, bukan karena gw kuliah di sana terus gw jadi ngerasa comfort banget. Ya itu salah salah satu dari sekian banyak reasons. Tapi ada juga kok kota yang membuat gw sangat-sangat cinta selain Jogja, is.....Bogor! Sejauh ini sih dari pengalaman gw ke luar pulau (baru ke Bali ama Sumatera sih) dan di dalam pulau sendiri, ya baru dua kota itu yang berhasil mencuri hati gw dengan segala pesona kotanya yang mempunyai kekhasan masing-masing.


Satu-satu aja yaa postingnya, pokoknya kali ini gw lanjutin dulu tentang Jogjaaaaa yang begitu awesome!

Yuk, blusukan! :)


Nah, guys....kemaren gw sempet sedikit nyinggung beberapa lokasi di seputar area kampus gw dan deket-deket kosan. Ini, ada lagi yang musti lo coba kulinernya,

kota Jogja tentunya sangat khas ama makanan yang satu ini, ya, gudeg! Penjual gudeg di Jogja udah menjamur dimana-mana, tapi ada yang menurut gw khas banget dari jaman baheula, karena dari gw SMP/SMA lah, sodara gw kalo dateng suka bawain nih gudeg, dan rasanya emang masih sama kek dulu....gimana yaa, okoknya di lidah tu udah khas banget deh! Ummm, mungkin buat lo yang dari luar Jawa (terutama yang masakan daerahnya taste banget ama rempah dan asin juga pedas), pasti gak cocok makan gudeg. Soalnya gw punya temen orang Padang dan orang Banyuwangi, mereka sama-sama suka pedas, cuman kalo Padang lebih suka santan-santan dan gurih kan, mereka bener-bener gak cocok makan gudeg. Katanya sih rasanya terlalu manis. Emang semua masakan Jawa (khususnya tengah) itu berasa manisnya. *jangan bilang karena orangnya manis-manis, hahahaha....yang ada BLETAK! dilemparin sepatu noh ama orang seindonesia raya merdeka! :D*

Jadi, kalo lo bertandang ke Jogja, jangan lupa mampir ke daerah Barek (baca: mBarek, biasa....pengucapan orang Jawa harus pake huruf M di depan huruf B untuk penyebutan nama suatu kota :p)
Daerah mBarek ini, adalah dulunya pusat gudeg yang asli *emang ada gudeg palsu? :D* ,maksudnya asli dari jaman awal-awal penjajahan Jepang and Kumpeni dulu (kalo ini, lo gak usah terlalu berat memikirkan keabsahannya yak, heheheh :p). Beberapa gudeg yang emang berasa taste banget dan sudah dapat reputasi juga awards yaitu Gudeg mBarek Yu Djum, dia beralamat di Jl. Kaliurang Km 4,5 Gg. Srikaton No. 2 Yogyakarta 55281 ato sebelah utara kampus Kehutanan UGM (ato juga orang kenal utara selokan mataram UGM). Dia juga buka cabang di Jl.Wijilan (selatan plengkung wijilan).


bentuk rumahnya juga masih orisinil nih yang pusatnya

Dia jualan paket-paket gitu, ada paket besek (bentuk kotak segede kardusan, dari anyaman bambu) juga paket kendil (wadah dari tanah liat untuk tempat nanak nasi jaman dulu, atau tempat makanan), harganya juga ada sendiri-sendiri. Walopun bentuk rumahnya masih dipertahanin rumah jaman dulu, orisinil, tapi yang dateng ke sini, beuh! Jangan salah....mobil-mobil halus juga banyak!



Habis jaman kejayaan gudeg itu muncullah gudeg-gudeg lain bertebaran di daerah mBarek ini, dia jadi pusatnya gudeg Jogja. Ada juga warung gudeg yang ada di lokasi lain, yang juga betebaran cabangnya di Jogja. Misalnya: gudeg Yu Sri, gudeg Yu Narni, gudeg Hj.Bu Ahmad, gudeg Pawon, gudeg Yu Yati, banyak deh....tinggal lidah lo aja cocok yang mana (rasa kan relatif ya di lidah masing-masing orang), kalo yang gw saranin sih ya itu tadi....


Kalo mo mau taste yang lebih seru lagi, bisa tuh Gudeg Pawon jadi pilihan juga,
Gudeg ini bukanya mulai dari jam 23.30 WIB sampe habisnya tu gudeg jam berapa, tapi kata penjualnya, biasa jam 1 lebih aja udah habis sih....
Alamatnya ni ada di jl. Janturan Umbulharjo (lo ke daerah sekitar Jl. Kusuma Negara, kalo dari timur/Gembiraloka, itu jalan sebelum Jl. Glagah Sari), kalo lo udah ngelewatin kampus UTY ama UAD, ntar lo bakal nemu rumah yang depannya banyak parkiran motor. Ya situ itu, ntar masuk dikit. Ato kalo masih ngerasa ragu, nanya aja orang-orang di situ pasti pada ngerti kok. 


Awal kuliah, gw pernah diajak keluarga kakak gw ke sini, mereka sempat tinggal di Amrik beberapa tahun, so, bagi mereka wajar-wajar aja makan jam segitu (dinner katanya) kalo gw sih udah keburu protes cacing-cacing di perut T,T. Jadi sebelum ke situ, jam 6 sore kita udah makan kue ama cemilan dulu buat cadangan awal biar maag gw gak kambuh. Habis isya' gw tidur, hampir mendekati jam 23.00 gw dibangunin ama kakak and diajak meluncur ke Janturan *yaa, mata masih merem melek gitu laah, nyawa belom stabil :D*
Sampe sana, orang dah pada antri aja tuh, ternyata emang laris manis bener. Dia dinamakan gudeg pawon karena emang jualannya di pawon (dapur jaman dulu orang Jawa bilang). Jadi lo bisa liat tungku asli, masak pake kayu bakar gitu di dandang atau kuali besar! Mantap deh pokoknya!



Note: Kalo lo mau nyoba makan di sini, jangan lupa nyamil apa kek terlebih dahulu, apalagi buat lo yang punya penyakit maag. Trus begitu nyampe sana, antrilah yang baik dan benar, jangan asal langsung nyerobot aja masuk ke pawon....ntar ujung-ujungnya juga lo pasti di suruh balik dan antri paling belakang :D




Trus, lo bisa lagi nyobain nih kuliner di Jogja, di jalan Solo, sebuah warung makan di utara jalan namanya Soto Ayam Miroso tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto No 168 A
Kebetulan, yang empunya masih sodaraan ama keluarga besar gw, hehehe, jadi sekalian promosiin aja :p. 



Yaah...walopun udah menjamur soto ayam di mana-mana, tapi....hehe bolehlah lo mampir cobain ke sini, citarasanya yang terkenal sampe bahkan namanya Miroso ini dipakai untuk penjual soto dimana-mana. Tapi yang asli teteepp kok ada di sini.
Nyuumy banget dah pokoknya!



Kalo lo mau nyobain sate ama tongseng yang juga khas dari jaman baheula, nih ya..... lo ke timur dikit, ke arah bandara Adisutcipto, ada sebuah warung tongseng dan sate Mbah Dharmo di timur bandara, selatan jalan.



Warung ini udah terkenal citarasanya dari jaman dulu ternyata, tiap sore kalo gw lewat pas pulang ke Solo gitu, antreannya banyak. Warungnya juga kecil sih, ada payung tendanya gitu di depan. Dia bakar-bakar satenya juga di depan, keliatan kok dari jalan Solo.

haduuh gambarnya bikin ngiler T,T



Trusss....yuk kita melancong ke barat....gantian kita muter, luruuuusss aja terus sampe barat Tugu Jogja, tepatnya di pasar Kranggan *ebuseeettt, kejauhan muternya T,T*
ada ayam rendang Pasar Kranggan nama aslinya apaan si gw kagak tau, gw juga sekali doang mampir di situ karena ajakan temen yang rumahnya daerah Godean. Dia bilang ayam rendangnya enak.Terkenalnya emang ayam rendang pasar Kranggan, karena letaknya yang di depan pasar Kranggan, tepatnya di Jl.Diponegoro, nomornya tidak tahu :p
bumbu rendangnya hmmm, berasa rempahnya lah! Gw kagak tau gimana ngolahnya, yang jelas ayamnya empuk dan rempahnya rendang seru di lidah gw yang orang Jawa ini, hoho :D




Bicara soal ayam-ayaman, ada lagi nih yang cukup terkenal juga dan familiar cita rasanya di kalanganmahasiswa maupun keluarga. Di daerah Tamsis (Selatan pom bensin, depan penjara Wirogunan pas) lo bisa temukan ayam goreng dan bakar Bu Ning Tamsis
kalo malem, sambil nikmatin suasana, lo dateng aja ke daerah Tamsis ini, ntar dari utara lo bakal liat banyak motor berjejer di pinggir jalan, dan orang-orang pada lesehan di trotoar. Ya itu dia temnpatnya! Ini juga jadi salah satu tempat tujuan gw kalo pulang les malem, selain lo bisa nikmatin suasana jalan Taman Siswa yang rame, lo juga bisa cuci mata liat tembok penjara :D


note: biasanya kalo lo rame-rame ama temen lo dan di situ lagi penuh banget, gak dapet tempat, lo minta aja ama masnya, ntar dia bakal pulang ambilin tiker, bebas lo pajang di mana deh, asal gak di tengah jalan aja :D, ohya...di sini, gw pernah menemukan pasangan hombreng juga, nyolak-nyolek temen gw cowok (cakep sih dianya....jadi digodain tuh ama om-om :D), udah gitu nyelipin permen karet di tas temen gw lagi, hahaha.....


Ada lagi nih, kalo lo masih di daerah selatan, mampir ke Timoho,tepatnya di samping rel kereta api (jl. Bimasakti) ada warung lesehan yang buka dari pagi hingga malem, namanya Lesehan Lestari ,semacam lesehan biasa sih, tapi yang bikin nggak biasa dan gw angkat ke blusukan gw ini karena harganya realtif lebih murah. Isi menunya ya bebakaran dan goreng biasa gitu, ada dari tahu, ayam sampe nila, bawal, ada juga jeroan sapi bagi yang suka, nasgor juga, macem-macem deh. Pernah dua-tiga kali ke sini, sewaktu sering ke tempat temen di daerah selatan buat ngerjain tugas praktikum dulu. Sesuai ama isi kantong pelajar macam gw :)

Lagi, orangnya baek banget, misal dia salah ngasih pesenan gitu, lo ntar ditambahin lagi ama yang baru yang emang lo pesen. Sebagai gantinya, yang uda terlanjur tadi gratis buat lo *hehe, lumayan kan dapet rejeki? :D, ini salah satu alasan banyak yang dateng, tapi ada juga temen gw yang pura-pura salah service T,T*

note: kalo ke sini, harap maklum, harga emang murah syalalalalala.....tapi pelayanannya kadang terlalu lambreeettt dah, udah gitu, kenapa ibunya suka ngasih gratsi ke orang, karena emang dia pelupa akut, makanya suka salah apa yang kita dapet ama apa yang kita pesen, tapi don't worry, semua ntar diganti kok, dan lo digratisin apa yang udah salah disajiin tadi :D, lumayan...alhamdulillah...dapet rejeki lo kan?