Friday, November 14, 2014

Beberapa Ciri Pasangan Anda Adalah Pribadi yang Dewasa

Pacaran lama tapi galau karena pacar anda tidak kunjung memberikan sinyal keseriusan? Saat teman-teman seusia sudah menapaki kehidupan baru, tetapi kisah romansa Anda masih berkutat di situ-situ saja? Pasangan Anda dengan mudahnya ngajak putus-nyambung, putus lagi dan minta disambung lagi, deuh, nggak capek apa? Ahaa! Coba kita lihat, beberapa perbandingan di bawah ini untuk melihat, apakah Anda sudah bersama pria/wanita yang tepat atau belum untuk menapaki jenjang yang lebih serius? Apakah pria/wanita yang bersama Anda sudah layak dikatakan sebagai 'pria/wanita dewasa' atau masih dalam tahap 'abg' yang lebih senang dengan dunianya? :)

1. Ketika ngajak ketemuan/main a.k.a ngeDate
Seorang pria/wanita yang masih belum punya pemikiran matang akan sangat senang menghabiskan waktu bersama Anda. Mulai dari main ke mall; sekedar jalan-jalan nggak jelas (motor atau mobil); nongkrong di kafe atau tempat makan yang sering dikunjungi anak muda, nonton, dll. Itu semua lantas membuat Anda pun merasa bahagia karena dia selalu meluangkan waktu untuk liburan bersama Anda. Tapi....jangan terlanjur bahagia dulu, karena mereka yang masih belum matang pemikirannya, akan melakukan itu tidak lebih hanya untuk bersenang-senang saja. Dia tidak tertarik untuk pembicaraan-pembicaraan serius mengenai hubungan kalian.

Sedangkan pria/wanita dewasa akan sangat senang untuk bisa meluangkan waktu lebih banyak bersama dengan Anda, dengan tujuan agar bisa lebih banyak mengerti satu sama lain, lebih banyak obrolan-obrolan ringan namun memperdalam hubungan itu sendiri. Seolah ingin mempertegas ikatan serius diantara kalian.

2. Topik pembicaraan
Seorang pria/wanita yang masih belum matang pemikirannya, akan lebih suka topik pembicaraan mengenai dirinya sendiri. Dia merasa keunggulannya pantas untuk diceritakan, tetapi akan merasa insecure saat membicarakan orang-orang di masa lalu Anda yang kemungkinan lebih unggul darinya. Kemudian ini akan dijadikannya senjata untuk menyerang Anda tatkala kalian sedang berada dalam konflik kecil. Mereka juga lebih senang membicarakan hal-hal yang itu-itu saja. Ketika mereka menemui bad day, kata-kata kasarnya tidak jarang akan tertuju pada orang-orang dekat di sekitarnya yang tidak bersalah.
Berbeda dengan pria/wanita dewasa, mereka akan selalu punya banyak topik untuk didiskusikan dengan Anda. Mereka akan berbagi mengenai film ataupun musik favorit. Berbagi mengenai kisah-kisah menarik yang tidak akan pernah bosan didengarkan. Berbagi mengenai keseharian dan bahkan masalah buruk yang sedang dihadapi, ini dikarenakan mereka sudah sangat merasa nyaman dengan Anda. Sekalipun kalian ada dalam suatu konflik, hal itu bisa didiskusikan dengan pemikiran bijak dari kedua belah pihak. Tidak ada kata-kata kasar yang tertuju untuk Anda.

3. Ketika menanggapi kekurangan pasangan
Seorang pria/wanita yang belum matang, akan selalu merasa dirinya 'paling'. Paling benar, paling bijak, paling sering mengalah, paling banyak disakiti, paling ganteng, paling cantik, paling pintar, serta paling-paling yang lain yang akan selalu mendominasi dalam hubungan itu. Ketika ada kekurangan dari pasangan, sedikit saja, dia akan membawa-bawa itu terus saat hubungan menemui masalah. Ini dijadikannya senjata untuk menyerang Anda terus-terusan, dijadikan senjata untuk memojokkan Anda terus-terusan saat menemui masalah.
Pria/wanita dewasa, akan lebih bijak dengan pemikiran: "Faktanya, setiap pribadi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing". Jika kelebihan ya dikurangi sedikit, jika ada yang kurang ya ditambahi. Semua bisa dibicarakan dan dikompromikan dengan baik. Sekalipun ketika pasangan Anda menunjukkan sikap tidak suka dengan salah satu kebiasaan Anda, dia akan menyampaikannya dengan kata-kata yang baik, tidak menyakiti.

4. Good listener
Seorang pria/wanita yang belum matang, akan lebih asyik dengan dunianya sendiri. Tidak jarang mereka akan sibuk dengan gadget-nya saat Anda tengah berbicara serius dengannya. Dia bisa melihat pesan yang masuk di grup BB-nya sambil senyum-senyum, meski Anda sedang nampak serius menceritakan masalah Anda.
Pria/wanita dewasa akan dengan teliti dan perhatian mendengarkan cerita Anda. Bahkan ketika Anda menemui masalah yang sulit, dia selalu siap untuk berbagi keluh kesah Anda dengan bijaksana. Sekalipun Anda membicarakan hal-hal kecil yang menurut Anda sepele, jangan salah, mereka bisa mengingatnya dengan baik hlo! :)

5. Kalau lagi dalam 'konflik'
Seorang pria/wanita yang belum matang, cenderung lebih banyak buta mata dan buta logika kalau lagi marah. Bisa jadi kekerasan verbal maupun fisik akan Anda terima saat kalian tengah dalam masalah. Bisa jadi kata-kata: "perempuan nggak tahu diri" atau "lelaki br*ngsek" akan keluar dari mulutnya saat bertengkar.

Seorang pria/wanita dewasa, meski mereka emosi, sebisa mungkin mereka menahan kata-kata yang menyakiti pasangannya, apalagi kekerasan fisik :) Mereka bisa meng-handle emosinya tanpa harus melukai Anda dengan kata-kata kasar. Kalaupun mereka memilih untuk menenangkan diri sejenak, setelah itu mereka pasti akan datang kepada Anda dengan baik-baik dan mengatakan kata 'I love you' serta 'Maaf'. Lalu mencari solusi untuk masalah yang tengah kalian hadapi.

6. Penampilan
Seorang pria/wanita yang belum matang akan selalu mengutamakan penampilan fisiknya di atas rata-rata. Dia akan merasa insecure ketika penampilannya lebih buruk dari ex-pasangannya. Bahkan tidak jarang dia akan meminta Anda untuk mengubah penampilan Anda seperti kemauannya demi menjaga gengsi di mata umum (yang padahal menurut Anda, pakaian yang Anda kenakan sudah sangat rapih). Pria/wanita yang masih belum matang cenderung mencari pasangan sesuai dengan typical common yang ada di masyarakat: hot, tinggi, putih, ganteng, cantik. Itu saja yang utama dalam kriterianya.
Pria/wanita dewasa lebih terbuka dengan penampilan yang membuatnya nyaman. Jika dia merasa ada penampilan pasangannya yang tidak 'sreg' di matanya, maka dengan lembut dan sopan dia akan meminta Anda untuk mengubah penampilan Anda dengan penjelasan yang baik. Tampilan fisik yang kurang bukan lagi alasan baginya untuk tidak mencintai Anda. Dia mencintai Anda dari hati, bukan semata buta oleh fisik.

7. Jaringan pertemanan dalam hubungan
Seorang pria/wanita yang belum matang secara pemikiran, akan lebih mudah terbakar cemburu. Ada dua kecenderungan utama di sini. Pertama, mereka akan secara frontal membatasi hubungan Anda dengan lingkungan pertemanan sosial. Alasannya karena dia cemburu melihat Anda dekat dengan orang lain (sekalipun itu teman sejenis). Kedua, dia tidak akan menunjukkan respect kepada teman-teman Anda. Di satu sisi dia juga akan menghindar saat Anda berusaha mengenalkan lingkungan Anda.
Pria/wanita dewasa akan terbuka dengan pasangannya mengenai jaringan pertemanan. Mereka merasa nyaman dan tidak segan untuk menceritakan tentang Anda kepada teman-temannya.

8. Ketika terpisah jarak
Seorang pria/wanita yang masih labil, akan lebih sering menghujani Anda dengan pertanyaan "Lagi dimana? Sama siapa? Pulang jam berapa". Setiap hari itu-itu saja yang selalu ditanyakannya manakala kalian sedang berjauhan. Pertanyaan-pertanyaan menyudutkan bernada curiga darinya akan selalu mengganggu aktivitas Anda. Tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Apalagi jika dia sampai update status berkali-kali di social media dengan sindiran-sindiran untuk Anda. Ughh...
Pria/wanita dewasa akan menghargai komitmen yang telah kalian sepakati, dia akan memberikan kepercayaannya kepada Anda. Saling memberikan rasa aman dan nyaman untuk kedua belah pihak meski kalian tidak sedang bersama. Jikalau menghubungi lewat telepon atau pesan, dalam batas yang wajar saja, itu karena tanda rindu dan perhatiannya kepada Anda.

9. Ketika menyinggung masa depan
Pria/wanita yang belum matang, seringkali menghindari topik ini. Kalaupun mereka harus terlibat dalam pembicaraan ini mereka berbicara muluk-muluk tentang masa depan yang ingin dia bangun bersama Anda: rumah mewah, mobil dengan brand ternama, uang melimpah, dan lain-lain yang pastinya akan sukses membuat Anda melambung. Tapi....jangan terlalu senang dulu, Anda juga harus melihat sisi riil-nya dari pasangan Anda. Yakinkah Anda bahwa dia bisa menghujani Anda dengan harta melimpah semua itu, sementara ketika melihat keseharian pasangan adalah tipe orang pemalas dan pembual? Come on....
Pria/wanita dewasa akan serius membicarakan masa depan, mereka akan melihat dari banyak sisi. Tidak menawarkan kemewahan kepada Anda, tapi dia akan menawarkan kebahagiaan keluarga kalian kelak. Menghabiskan sisa usia dan menua bersama Anda. Tanpa sadar, kehadiran Anda dalam hidupnya merubah semua isi kepalanya mengenai masa depan yang ia rancang, tentunya masa depan bersama Anda kelak :)

10. Ketika menghadapi orangtua dan keluarga
Pria/wanita yang belum matang, akan selalu menghindar dari orangtua ataupun keluarga Anda. Apalagi ketika harus berurusan dengan orangtua, dia memilih kabur lebih dulu ketimbang menghadapinya dengan sikap gentle. Baginya, yang terpenting hanya Anda. Keluarga Anda tidak masuk dalam daftar prioritasnya. Bahkan, seringkali mereka menggunakan kata-kata penghinaan untuk keluarga Anda. Hati-hati dengan pasangan seperti ini.

Pria/wanita dewasa akan merasa spesial ketika pasangannya berusaha mendekatkannya dengan keluarga. Baginya, itu adalah tanda keseriusan untuk jenjang yang lebih baik dalam suatu hubungan. Pria/wanita ini akan menerima keluarga Anda dan berusaha untuk beradaptasi. Mereka juga akan berbesar hati dan bijaksana menerima kekurangan-kekurangan keluarga. Biasanya mereka akan berusaha tanpa patah semangat meski jalan yang akan mereka hadapi nantinya tidak mudah.


Itulah beberapa perbandingan dari saya yang bisa Anda baca sendiri, selebihnya, semua tergantung pada pemikiraan Anda pribadi. Semoga bisa bermanfaat.

Salam!


Bening Rahardjo